Model Explicit Instruction untuk Kemandirian Activity Dily Living Anak Tunagrahita Sedang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model explicit instruction dalam kemandirian activity daily living anak tunagrahita sedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah litertur review dengan menggunakan sumber data yang terdiri dari 14 artikel yaitu 10 artikel nasionl dan 4 artikel internasional melalui Google Schoolar, Elsevier, dan SINTA. Prosedur penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode analisis isi dengan melakukan pengecekan kembali dari kutipan literatur review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model explicit instruction dengan langkah pembelajaran secara bertahap dan latihan secara terbimbing menunjang kemandirian activity daily living anak tunagrahita sedang. Dalam kemandirian activity daily living, meliputi membersihkan tempat tidur, membersihkan diri dan merapikan diri, memakai pakaian, makan dan minum, menjaga kebersihan lingkungan, dan menghindari diri dari bahaya. Simpulan kajian penelitian ini bahwa, model explicit instruction dengan pendampingan secara terstruktur menjadikan kemandirian activity daily living anak tunagrahita sedang.
Kata kunci: Model explicit instruction, activity daily living, anak tunagrahita sedang
This study aims to describe the explicit instruction model in the independence of daily living activities for children with moderate mental retardation. The method used in this study is a literature review using data sources consisting of 14 articles, namely 10 national articles and 4 international articles through Google Schoolar, Elsevier, and SINTA. The research procedure used is the method of content analysis by re-checking the citations of the literature review. The results of the study indicate that the explicit instruction model with gradual learning steps and guided exercises supports the independence of the daily living activities of moderately mentally retarded children. In independent daily living activities, including cleaning the bed, cleaning and tidying oneself, wearing clothes, eating and drinking, keeping the environment clean, and avoiding danger. The conclusion of this research study is that the explicit instruction model with structured assistance makes the daily living activities of children with moderate mental retardation independent.
Keywords: Explicit instruction learning , activity daily living, moderate retardation