KAJIAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KOMPETENSI DASAR SPA AROMATHERAPY
STUDY OF APPLICATION OF STAD TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL ON THE BASIC COMPETENCE OF AROMATHERAPY SPA
Abstrak
Pembelajaraan kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) yakni salah satu jenis pembelajaran yang memiliki strategi pembelajaran kerjasama dengan memadukan beberapa teknik seperti ceramah, tanya-jawab, dan kerja grup yang beranggotakan 3-4 orang siswa secara heterogen yang membuat murid lebih aktif dalam belajar memahami entitas dan berkomunikasi. Tujuan kajian ini untuk mengkaji/mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kompetensi dasar SPA Aromatherapy. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji literatur tentang model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kompetensi dasar SPA Aromatherapy. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji atau mereview jurnal-jurnal ilmiah melalui studi literatur. Penulis mengumpulkan data, setelah itu dilakukan perbandingan dan pengujian data yang telah ditemukan. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan mengutip pendapat yang sesuai dari para ahli. Kajian tersebut menunjukan hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan teknik pembelajaran yang lebih baik untuk digunakan pada kompetensi dasar SPA Aromatherapy. Kegiatan ini terlihat dari ada beberapa teori belajar yang mendukung teknik pemebalajaran kooperatif tipe STAD, serta anak didik menjadi lebih aktiv dan mudah menyerap teori yang dipelajari.
Kata Kunci: Kajian, Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Spa Aromatherapy
Abstract
Cooperative learning strategy type Student Team Achievement Divisions (STAD) is a type of learning whose it's learning strategies combine several methods such as direct lecture, questions and answers, heterogenous group discussion of 3-4 students which makes students became more active in understanding the entity and communicating. The study is aimed to study/ describe the implementation of Cooperative learning strategy type Student Team Achievement Divisions (STAD) on basic competence SPA Aromatherapy. This study was aimed to study the literature about Cooperative learning model type STAD on SPA Aromatherapy material basic competence . The data was collected by reviewing or reviewing scientific journals through literature study. After the data was collected, it was then compared and validated. The data was analysed quanitatively by taking citations from related opinion. The result of the study showed that Cooperative learning strategy type STAD is a very appropriate learning model to be implemented on SPA Aromatherapy basic competence. This can be seen by the number of many theories that support Cooperative learning Type STAD, and the students became more active and easily memorise delivered theories.
Keywords: Study, Cooperative learning model type STAD, SPA Aromatherap