PENERAPAN RAGAM HIAS PADA GONI DENGAN TEKNIK SULAM
OLEH SISWA KELAS X TATA BUSANA SMKN 1 KERTOSONO
APPLICATION OF DECORATIONAL VARIETIES ON JUTE WITH EMBROIDERY TECHNIQUES
BY CLASS X STUDENTS CLOTHING AT SMKN 1 KERTOSONO
Penelitian penerapan ragam hias pada kain goni dengan teknik sulam ini dilatarbelakangi oleh keinginan peneliti untuk mengembangkan keanekaragaman ragam hias dengan teknik sulam yang disesuaikan bahan ajar yang berlaku pada siswa kelas X jurusan Tata Busana di SMK Negeri 1 Kertosono.Rumusan masalah dari penelitian ini ditujukan pada pelaksanaan penerapan ragam hias pada goni dengan teknik sulam, hasil karya serta tanggapan siswa dan guru setelah melaksanakan kegiatan penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi kegiatan, dokumentasi, hasil produk dan angket. Validitas data penelitian menggunakan triagulasi sumber data. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 2 cara yaitu offline yang berisi pengenalan materi ragam hias, alat dan bahan serta teknik penggunaaannya juga penilaian hasil karya sedangkanonline untuk konsultasi pembuatan karya. Hasil karya siswa dari tingkat kerapian, keunikan dan kreatifitas, 60% siswa memperoleh skor A-. Keantusiasan siswa dan respon guru yang mendukung berdampak pada kecepatan siswa dalam penyerapan materi serta penyelesaian karya.
Kata Kunci: Ragam hias, sulam, goni
This research on the application of decorative motifs on burlap with embroidery techniques is motivated by the desire of researchers to develop a variety of decorations with embroidery techniques adapted to teaching materials that apply to class X students majoring in Fashion Design at SMK Negeri 1 Kertosono. The problem formulation of this research is aimed at implementing the application of decorative motifs on jute with embroidery techniques, the results of the work and the responses of students and teachers after carrying out research activities. The research method used is descriptive qualitative. Data collection was obtained from interviews, activity observations, documentation, product results and questionnaires. The validity of the research data used triagulation of data sources. The research was carried out in 2 ways, namely offline which contained an introduction to decorative materials, tools and materials and techniques for their use as well as an assessment of the work, while online was for consultation on making works. The results of student work from the level of neatness, uniqueness and creativity, 60% of students get an A- score. Students' enthusiasm and supportive teacher responses have an impact on students' speed in absorbing material and completing work.
Keywords: Decoration, embroidery, ,jute