Merefleksi Keterampilan Bertanya Guru Bahasa Inggris Menggunakan Self–Evaluation of Teacher Talk (SETT)
Reflecting EFL Teacher’s Questioning Skills Using Self-Evaluation of Teacher Talk (SETT)
ABSTRAK
Muroda, Naila. 2020. Merefleksi Keterampilan Bertanya Guru Bahasa Inggris Menggunakan Self–Evaluation of Teacher Talk (SETT). Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra. Program pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1): Ahmad Munir, Ph.D., dan Pembimbing (2): Slamet Setiawan, Ph.D.
Kata kunci: Refleksi, Kemampuan bertanya, SETT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru Bahasa Inggris dalam merefleksi kemampuan berbicara Bahasa asingnya, yakni bahasa Inggris, terutama dalam keterampilan bertanya, melalui SETT (Self-Evaluation of Teacher Talk). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendapatnya dalam melakukan refleksi menggunakan SETT.
Dengan menggunakan studi kasus kualitatif, penelitian ini menggunakan jurnal reflektif dan wawancara untuk memperoleh data. Hal ini digunakan untuk mengetahui cara guru merefleksi kemampuan bertanya dari interaksi yang diadakan selama kelas online. Hasil temuan menunjukkan bahwa (1) terdapat satu fitur interaksi yang tidak disadari oleh guru, yakni ketika melakukan intrupsi terhadap siswanya, (2) kurangnya referensi penggunaan bahasa, guru tidak merefleksikan fungsi interaksi dari fitur tertentu tetapi lebih mengutamakan tata bahasa, pelafalan, dan hal-hal yang berhubungan dominasi waktu ketika bertanya, (3) dalam menciptakan evaluasi diri yang kritis, guru melakukan perubahan penggunaan bahasa dengan mempertimbangkan kegunaan bahasa, (4) guru menjadi lebih sadar akan dirinya dalam penggunaan bahasa untuk interaksi bahasa kelas.
Kesimpulannya, melakukan refleksi dalam bertanya menggunakan instrument dari SETT telah membantu kesadaran bahasa yang digunakan dalam pembelajaran, tidak hanya tentang fitur interaksional untuk interaksi tetapi juga bagaimana mengelola bahasa. Oleh karena itu, hal ini membantu guru Bahasa Inggris untuk mencapai kesadaran pribadi terhadap wacana kelas dalam mengadakan interaksi terutama dalam keterampilan bertanya.
ABSTRACT
Muroda, Naila. 2020. Reflecting EFL Teacher’s Questioning Skills Using Self-Evaluation of Teacher Talk (SETT). Thesis. Language and Literature Education. Master degree. Advisor (1): Ahmad Munir, Ph.D., and Advisor (2): Slamet Setiawan, Ph.D.
Keywords: Questioning skills, SETT, EFL teacher
This study aims to investigate EFL teacher’s reflection toward the teacher’s talk, especially in questioning skills through SETT (Self-Evaluation of Teacher Talk). It explored to know how an EFL teacher reflects the questioning skills and also to know the opinions of using SETT.
Using qualitative case study, this study employed a reflective journal and interview in gaining the data. It examined an EFL teacher’s talk reflection taken from the interaction held during the online class situation. The reflective journal is used as the process for reflection and the interview is to obtain a deeper perspective of the data analysis. The findings indicate that (1) there is missing of one interactional feature done by the at the first process of reflection, namely teacher’s interruption, (2) there is lack reference of using metalanguage, the teacher did not reflect on the function of the interaction features but prefer to grammar, pronunciation, and TTT matters, (3) in creating critical self-evaluation, the teacher noticed to make the alterations in language use to consider the usefulness of the language, (4) the teacher becomes more conscious of her language use and aware to the classroom language interaction.
In conclusion, doing the reflection of questioning skills using SETT framework has helped the awareness of language used in teaching, not only about the interactional features for the interaction but also how to manage the language. Therefore, it has helped the EFL teacher to achieve personal awareness toward the classroom discourse in holding the interaction especially in questioning skills.