ABSTRAK
STRUKTUR LAKON NGAYAH PIODALAN DALAM TOPENG BONDRES DI PURA SEGARA KENJERAN SURABAYA
Nama : Reunita Fitrianingrum
NIM : 14020134065
Program Studi : S1 Pendidikan Sendratasik
Jurusan : Sendratasik
Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd
Struktur lakon merupakan bagian terpenting dari kejelasan konsep cerita dalam pertunjukan teater. Dalam penulisan ini lebih menitik beratkan pada analisis teks. Pentingnya mengkaji struktur lakon adalah untuk mengetahui unsur- unsur yang terdapat di dalam teks atau cerita. Pada penelitian yang dilakukan, penulis mengkaji struktur lakon Ngayah Piodalan dalam pertunjukan Topeng Bondres. Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana struktur lakon Ngayah Piodalan dalam Topeng Bondres di Pura Segara Kenjeran Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Menerapkan metode studi kepustakaan, wawancara, dan catatan lapangan. Metode ini digunakan untuk mengkaji struktur lakon Ngayah Piodalan dalam Topeng Bondres di Pura Segara Kenjeran Surabaya.
Hasil analisis dalam penelitian ini adalah struktur lakon Ngayah Piodalan yang meliputi tema, penokohan, alur/plot, dan setting/ latar. Lakon Ngayah Piodalan secara garis besar menceritakan tentang konflik antar sosial yang berisi tentang nilai- nilai bakti manusia kepada Tuhan yang Maha Esa pada kepercayaan umat Hindu lewat tema gotong royong yang dikemas secara ringan dengan genre komedi, menggunakan alur linier yaitu cerita berurutan dari A- Z yang dimaksudkan adalah jalan ceritanya terjadi pada 1 malam, secara struktural lebih singkat dan padat. Penggambaran alur dramatik dalam lakon Ngayah Piodalan antara lain eksposisi masuknya Penasar yang melakukan tatembangan pupuh durma atau biasa juga dengan pupuh sinom memperkenalkan diri dan judul lakon yang akan di pentaskan. Bagian komplikasi ketika sang penasar sedang kebingungan untuk mencari beberapa orang yang diutus berkerja sama mempersiapkan perayaan piodalan pura. Klimaks atau puncak kejadian ketika Wayan menolak ajakan Penasar untuk ngayah dengan benar, kemudian pada bagian resolusi terjadilah musibah yang menimpa keluarga Wayan. Penyelesaian lakon ini adalah ketika Pekak mengajak semua orang untuk berkaca dari musibah yang dialami oleh keluarga Wayan sebagai pelajaran dan memperbaiki hubungan diri dengan Tuhan, hubungan diri dengan manusia, hubungan diri dengan alam demi terus menanamkan rasa saling lewat ngayah dari tahun ke tahun.
Kata Kunci : Struktur lakon, Ngayah Piodalan, Topeng Bondres
ABSTRACT
Name : Reunita Fitrianingrum
ID : 14020134065
Study Program : S-1 Pendidikan Sendratasik
Major : Sendratasik
Faculty : Faculty of Language and Art
Institution Name : Surabaya State University
Superviser : Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd
The play structure is the most important part of the clarity story concept in theater performances. In this writing, the focus is more on the text analysis. The importance of studying the structure of the play is to find out the elements contained in the text or story. In the research conducted, the author examined the structure of the play Ngayah Piodalan in the performance of Mask Bondres. The problems that can be formulated in this study are: How is the structure of the play Ngayah Piodalan on Mask Bondres in Segara Kenjeran Temple Surabaya.This research use desciptive qualitative approach. Applying library study methods, interviews, and field notes. This method is used to study the structure of the play Ngayah Piodalan in Mask Bondres in Segara Kenjeran Temple Surabaya.
The results of the analysis in this study are the structure of the play Ngayah Piodalan which includes themes, characterizations, plot, and setting. The play of Ngayah Piodalan broadly tells the story of inter-social conflict which contains the values of human devotion to God, in the belief of the people of Hindu through the theme of mutual cooperation that is packaged lightly with the comedy genre, using linear grooves, namely sequential stories from A-Z what is meant, is that the storyline takes place at 1 night, structurally shorter and denser. Descriptions of the dramatic flow in the play ngayah piodalan include the exposition of the entry. Penasar who performs the development of the pupuh durma or usually also with pupuh sinom introduces himself and the title of the play to be performed. Part of the complication when the penasar was confused to find some people who were sent to work together to prepare for the Piodalan Pura celebration. The climax or the peak of the incident when Wayan refused Penasar's invitation to work properly, then in the resolution section there was a disaster that struck Wayan's family. The completion of this play is when Pekak invites everyone to reflect on the catastrophe experienced by the Wayan family as a lesson and improve self-relationship with God, self-relations with humans, relations with nature to continue instilling mutual feelings from year to year.
Keyword : Play Structure, Ngayah Piodalan, Topeng Bondres