STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN PLATFORM SOCRATIVE DAN CLASSDOJO DI KELAS GOOGLE CLASSROOM
COMPARATIVE STUDY OF THE USE OF SOCRATIVE AND CLASSDOJO PLATFORM IN GOOGLE CLASSROOM CLASS
Pada dasarnya penggunaan platform seperti socrative dan classdojo dapat membantu guru dalam proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Tetapi dibutuhkan informasi lebih lanjut mengenai penggunaan platform mana yang lebih baik dan lebih sesuai digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan penggunaan socrative dan classdojo di kelas google classroom serta mengetahui keunggulan masing-masing platform.Sehingga guru dan siswa diharapkan dapat memilih platform yang sesuai dalam pembelajaran dan juga bisa meningkatkan kemampuan yang inovatif.Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan studi pustaka (metode komparasi) yang kemudian dilakukan komparasi antara studi pustaka yang telah didapatkan. Metode komparasi adalah suatu metode yang digunakan untuk membandingkan data-data yang berasal dari studi literatur kemudian ditarik ke dalam konklusi baru. Dari hasil literature review yang ada didapatkan hasil penelitian yaitu bahwa penggunaan platform classdojo lebih sesuai dengan google classroom, sebanyak 29% siswa lebih tertarik menggunakan platform classdojo, dan 12% memilih platform socrative. Novelty dari paper ini yaitu aplikasi classdojo lebih sesuai dibandingkan socrative. Classdojo lebih bisa mendorong dan memotivasi siswa untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik serta dapat mengembangkan keterampilan dan pengaturan diri siswa.
Using platforms such as social and classdojo can help teachers in the learning process in the era of the industrial revolution 4.0. However, further information is needed about which platform is better and more suitable to use. The purpose of this research is to compare the use of social and classdojo in google classroom and to find out the advantages of each platform. So that teachers and students are expected to be able to choose the appropriate platform in learning and also be able to improve innovative abilities. The research method in this study uses literature study (comparison method) which is then carried out comparisons between the literature that have been obtained. The comparative method is a method is a method used to compare data originating from literature studies which are then drawn into new conclusions. From the results of the existing literature review, the result obtained were that the use of Classdojo platform was more in line with Google Classroom, as many as 29% of students were more interested in using the Classdojo platform, and 12% choose the Socrative platform. The novelty of this paper is that the Classdojo application is more suitable than socrative. Classdojo is more able to encourage and motivate students to do better work and can develop student’s skills and self-regulation.