MEMBANGUN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH MELALUI PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU
BUILDING THE SCHOOL ORGANIZATIONAL CLIMATE THROUGH THE ROLE OF THE SCHOOL HEAD IN EFFORTS TO IMPROVE TEACHER PERFORMANCE
Kepala sekolah memiliki peran yang paling penting dalam memimpin sebuah organisasi sekolah. Peran kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja guru. Salah satunya adalah baik buruknya peran kepala sekolah dalam membangun sebuah iklim organisasi agar tercipta dengan baik dan kondusif. Tujuan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis iklim organisasi sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Metode penulisan studi literatur menggunakan pendekatan penelitian konseptual yang berkenaan dengan ide dan teori. Literatur yang menjadi bahan kajian diklasifikasikan menjadi dua, yakni 10 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional. Tahapan-tahapan dalam penulisan studi literatur meliputi: menyeleksi topik, mencari literatur, mengembangkan pendapat, survei literatur, kritik literatur, dan menulis review. Analisis yang digunakan menggunakan analisis isi. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa kepala sekolah dengan upayanya yakni memberikan motivasi dan masukan kepada guru dapat mempengaruhi guru dalam menciptakan semangat kerja dan pemecahan masalah dalam bekerja, disiplin kerja membuat guru memiliki efektivitas yang tinggi terkait dengan pekerjaannya, struktur organisasi memberikan rasa tanggung jawab masing-masing di setiap bidangnya, serta pendidikan dan pelatihan yang memudahkan guru dalam mencapai profesionalisme dalam bekerja dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan yang dibutuhkan oleh guru sehingga dapat mewujudkan iklim organisasi sekolah yang baik sehingga dapat meningkatkan kinerja guru.
The principal has the most important role in leading a school organization. The role of the principal is one of the factors that can have an influence on teacher performance. One of them is the role of good and bad school principals in building an organizational climate to create good and conducive condition. The purpose of this scientific article is to find out, explain and analyze the climate of school organizations in an effort to improve teacher performance. The method of writing a literature study uses a conceptual research approach related to ideas and theories. The literature used as study material is divided into two, namely 10 national journals and 10 international journals. The stages in writing a literature study include: selecting topics, searching for literature, developing opinions, surveying literature, criticizing literature, and writing reviews. The analysis used is content analysis. The results of the literature study show that principals with their efforts to provide motivation and input to teachers can influence teachers in creating enthusiasm in working and solving problems in the workplace, work discipline makes teachers have a high effectiveness related to their work, the organizational structure gives a sense of responsibility in each of its fields, as well as education and training that makes it easy for teachers to achieve professionalism in the workplace and improve the skills and abilities needed by teachers to create a good school organization climate so as to improve teacher performance.