Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online
Shopee PayLater
Inovasi teknologi keuangan ini terus berkembang seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Layanan keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman online saat ini sedang tren sebagai alat pembayaran untuk beberapa e-commerce besar di Indonesia. Shopee adalah e-commerce yang memiliki fasilitas PayLater sebagai metode alternatif transaksi belanja yang menyediakan dana pinjaman dengan nama Shopee PayLater. Penggunaan Shopee PayLater memudahkan konsumen untuk berbelanja online melalui pasar Shopee meskipun mereka tidak memiliki cukup dana untuk berbelanja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian konklusif untuk menentukan pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian menggunakan pinjaman online. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan judgemental sampling dan snowball sampling dengan jumlah sampel 110 responden yang merupakan pengguna Shopee. Yang merupakan pengguna Shopee pernah melakukan transaksi menggunakan ShopeePayLater. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan antara kepercayaan dan kemudahan keputusan pembelian menggunakan pinjaman online. Berdasarkan hasil, direkomendasikan bahwa Shopee PayLater memperhatikan dan memastikan bahwa aplikasi ini telah menjamin keamanan, sehingga dapat membangun citra yang baik untuk meningkatkan kepercayaan dan berdampak pada keputusan pembelian terhadap pinjaman online Shopee PayLater.
This financial technology innovation continues to develop along with changes in people's lifestyles. Financial services that provide online loan facilities are currently trending as a means of payment for several large e-commerce in Indonesia. Shopee is e-commerce that has a PayLater facility as an alternative method of shopping transactions that provides loan funds under the name Shopee PayLater. The use of Shopee PayLater makes it easy for consumers to shop online through the Shopee marketplace even though they don't have enough funds to shop. This research is a quantitative study with a conclusive research design to determine the effect of trust and ease on purchasing decisions using online loans. Sampling technique on this research used judgmental sampling and snowball sampling with a sample size of 110 respondents that Shopee users. Which are Shopee users have once made transactions using ShopeePayLater. The results of this study indicate there is a significant positive influence between trust and ease of purchasing decisions using online loans. Based on the result, it is recommended that Shopee PayLater make pay attention and make sure that this application has guaranteed security, so it can build a good image to increase the trust and have an impact to purchase decisions towards online loans Shopee PayLater.