ABSTRAK
Lestari, Lusandra Dewi 2018, Mereduksi Miskonsepsi Cahaya dengan Menggunakan Strategi Predict-Observe-Explain di Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Prabowo, M.Pd. dan (II) Dr. Wahono Widodo, M.Pd.
Kata Kunci: miskonsepsi, POE, strategi.
Penyebab rendahnya mutu pendidikan IPA secara umum adalah adanya miskonsepsi dan kondisi pembelajaran yang kurang memperhatikan prakonsepsi peserta didik. Miskonsepsi cahaya dapat terjadi pada setiap tingkatan usia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyatakan bahwa strategi Predict-Observe-Explain dapat mereduksi miskonsepsi peserta didik kelas V SDN 3 Petiken. Desain percobaan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Petiken dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 90 siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran mengacuh pada model 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar observasi, lembar tes, dan kuesioner. Teknik anaisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Data hasil kelayakan perangkat pembelajaran dan tes diagnostik adalah 3,7 dan 4 berkategori sangat baik dan sangat valid, keterlaksanaan RPP adalah 99% terlaksana sangat baik, aktivitas siswa 81% berkategori baik, respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan stratagi POE adalah 98% berkategori sangat positif. Hasil penelitian menunjukkan adanya reduksi miskonsepsi pada setiap kelas replikasi. Reduksi tertinggi pada kelas replikasi I yaitu dari 25 siswa yang mengalami miskonsepsi menjadi 8 siswa sehingga jumlah reduksi adalah 17 siswa dengan persentase 56,67%. Reduksi tertinggi pada kelas replikasi II yaitu dari 22 siswa yang mengalami miskonsepsi menjadi 3 siswa sehingga jumlah reduksi adalah 19 siswa dengan persentase 63,33%. Sedangkan reduksi tertinggi pada kelas replikasi III yaitu dari 25 siswa yang mengalami miskonsepsi menjad 3 siswa sehingga jumlah reduksi adalah 22 siswa dengan persentase 73,33%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi POE dapat mereduksi miskonsepsi pada siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi POE layak digunakan untuk mereduksi miskonsepsi siswa sekolah dasar pada pokok bahasan cahaya.
ABSTRACT
Lestari, Lusandra Dewi, 2018. Reducing Light Misconceptions by Using Predict-Observe-Explain Stratagies in Elementary School. Thesis, Basic Education Departement, Postgraduate, Universitas Negeri Surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Prabowo, M.Pd. dan (II) Dr. Wahono Widodo, M.Pd.
Keywords: misconception, POE, strategy
The reason for the low quality of science education in general is the existence of misconception and learning conditions that are less attention to the preconceptions of learners. Misconceptions of light can occur at any age level. The purpose of this study is to demonstrate that Predict-Observe-Explain strategies can reduce misconceptions of the fifth grade students SDN 3 Petiken. Desing experiment using One Group Pretest-Posttest Design. The subjects in this study were fifth grade students of SDN 3 Petiken with the number of sampels taken were 90 students. The development of reference in the 4-D by Thiagarajan consists of four stages, namely (1) definition, (2) design, (3) development, and (4) dissemination. The instruments used in this research are validation sheet, observation sheet, test sheet, and questionnaire. Data analysis techniques used descriptive and inferential. Data on the feasibility of learning devices and diagnostic tests are 3.7 and 4 categorized as very good and very valid, the implementation of lesson plans is 99% done very well, student activities 81% in good category, student responses to learning using POE strata are 98% categorized very positive.The results showed a reduction in misconceptions in each replication class. The highest reduction in the replication class I was from 25 students who experienced misconception to 8 students so that the number of reductions was 17 students with a percentage of 56.67%. The highest reduction in the replication class II is that of 22 students who experienced misconceptions into 3 students so the number of reductions was 19 students with a percentage of 63.33%. While the highest reduction in the replication class III is that of the 25 students who experienced misconception, there were 3 students so that the number of reduction was 22 students with a percentage of 73.33%. The results showed that learning using POE strategies can reduce misconceptions in students. These results indicate that the POE strategy is feasible to be used to reduce elementary school students' misconceptions on the subject of light.