Model guided discovery adalah salah satu pembelajaran yang memudahkan siswa untuk melakukan penemuan yang dibimbing. Hasil observasi yang dilakukan di SMAN 1 Waru menemukan bahwa 70% dari siswa kurang tertarik dengan materi usaha dan energi serta kesulitan untuk memahami konsep-konsep Fisika. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini menerapkan model penemuan terbimbing (guided discovery) untuk mendeskripsikan efektifitas model tersebut terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian menggambarkan pelaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil pembelajaran, dan tanggapan siswa terhadap materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental menggunakan one group pre test - post test design, dengan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Metode pengambilan data yang digunakan adalah pengamatan, tes (pretest dan posttest), dan kuesioner. Data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest dianalisis oleh uji normalitas, uji homogenitas, uji-t berpasangan, uji Gain, dan uji hipotesis ANAVA. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: a) pelaksanaan proses pembelajaran di tiga kelas yang diamati oleh pengamat dalam empat pertemuan terlaksana dengan sangat baik; b) hasil analisis uji gain pada hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen meningkat dengan kategori tinggi sebesar 0,71 sedangkan kelas replikasi 1 dan replikasi 2 meningkat dengan kategori sedang masing-masing sebesar 0,69 dan 0,49 dengan hasil uji hipotesis ANAVA konsisten meningkat pada tiga kelas; c) respon siswa dalam kegiatan pembelajaran guided discovery dengan kategori yang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan model guided discovery efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: guided discovery, hasil belajar, usaha dan energi.
The guided discovery model is one of the learning that makes it easy for students to conduct a guided discovery. The observation done at SMAN 1 Waru found that 70% of students were less interested in work and energy materials and difficulties to understand the concepts of physics. Based on these issues, the study adopted a guided discovery model to describe the effectiveness of the model on student learning achievement. Research objectives illustrate the implementation of learning, increased learning achievement, and student responses to work and energy materials. The study used a type of quantitative descriptive research with pre-experimental research design using one group pre test-post test design, with one experimental class and two replication classes. The data retrieval methods used are observation, tests (pretest and posttest), and questionnaires. Data obtained from pretests and posttest results are analyzed by test normality, homogeneity test, paired t test, gain test, and ANAVA hypothesis test. The results of the research obtained, among others: a) The implementation of the learning process in three classes observed by observers in four meetings carried out be better; b) The results of the gain test analysis on student learning achievement for the experimental class increased by a high category of 0.71 whereas the replication class 1 and replication 2 increased with the medium respectively of 0.69 and 0.49 with hypotheses test results ANAVA consistently increases in three classes; c) Students’s responses in the guided discovery learning activities with excellent categories. Based on the results of the study, the learning process implemented using the guided discovery model is effective to improve student learning achievement.
Keywords: Guided discovery, learning achievement, work and energy.