PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI METODE BERCERITA
IMPROVING THE SPEAKING ABILITIES OF MILDLY IMPROVED CHILDREN THROUGH STORYTELLING METHOD
Hambatan yang dimiliki oleh anak dengan hambatan intelektual atau tunagrahita menyebabkan keterbatasan dalam kemampuan berbicaranya. Manfaat dari metode bercerita yaitu untuk melatih daya serap atau daya tangkap, melatih daya pikir, melatih daya konsentrasi, melatih daya imajinasi pada anak, menciptakan situasi yang menggembirakan atau mengembangkan suasana dan hubungan yang akrab sesuai dengan perkembangannya, serta membantu perekembangan bahasa anak dalam berkomunikasi secara efektif dan efisien sehingga proses percakapan menjadi lebih komunikatif. Sehingga metode bercerita bermanfaat untuk peningkatan kemampuan berbicara pada anak tunagrahita ringan. Tujuan penelitian ini dilakukan dengan menganalisis berbagai studi literature dari literature-literatur ilmiah yang berkaitan dengan tujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berbicara anak tunagrahita ringan melalui metode bercerita. Pencarian dilakukan di Science Direct, Mendeley, dan Google Scholar dengan kriteria artikel atau literature yang terkait dengan topic pembahasan. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Dengan mengkaji kumpulan literature terkait dengan topic pembahasan yaitu peningkatkan kemampuan berbicara anak tunagrahita ringan melaui metode bercerita. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metode bercerita ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak tunagrahita ringan. Implikasi penelitian literature review peningkatan kemampuan berbicara anak tunagrahita ringan melalui metode bercerita yang dilakukan yaitu dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak tunagrahita, serta dapat membuka peluang untuk integrasi social yang lebih baik dan meningkatkan keterampilan berbahasa anak tunagrahita ringan dalam berkomunikasi secara efektif dan efisien sehingga percakapan yang dilakukan oleh anak tunagrahita ringan menjadi lebih komunikatif.
Kata Kunci: kemampuan berbicara, anak tunagrahita, bercerita.
Barriers experienced by children with intellectual disabilities or mental retardation cause limitations in their speaking abilities. The benefits of the storytelling method are to train the power of absorption or comprehension, train the power of thinking, train the power of contration, train the power of imagination in children, create encouraging situations or develop a friendly atmosphere and relationships according to their development, and help develop children's language in communicating effectively. effective and efficient so that the conversation process becomes more communicative. So the storytelling method is useful for improving speaking abilities in mildly mentally retarded children. The aim of this research was to analyze various literature studies from scientific literature related to the aim of analyzing the improvement of speaking abilities of children with mild mental retardation through the storytelling method. The search was carried out on Science Direct, Mendeley, and Google Scholar with the criteria of articles or literature related to the topic of discussion. This research uses a literature review method. By reviewing a collection of literature related to the topic of discussion, namely improving the speaking ability of children with mild mental retardation through the storytelling method. The results of this research are that this storytelling method can be used to improve speaking abilities in mildly mentally retarded children. The implications of the literature review research on improving the speaking abilities of children with mild intellectual disabilities through the storytelling method are that they can make a significant contribution to improving the speaking abilities of children with intellectual disabilities, as well as opening up opportunities for better social integration and improving the language skills of children with mild intellectual disabilities in communicating effectively and efficient so that conversations made by mildly mentally retarded children become more communicative.
Keywords : speaking ability, mentally retarded children, storytelling.