ABSTRAK
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN POCARI SWEAT
PADA ANGGOTA PB. SURYANAGA SURABAYA
Nama : Lisa Iin Hidayah
NIM : 15080324023
Program Studi : Pendidikan Tata Niaga
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Novi Marlena, S.Pd., M.Si
Dunia industri minuman Indonesia beberapa tahun terakhir menunjukan pertumbuhan yang sangat pesat. Hal ini menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Salah satu merek minuman ringan yang berusaha untuk mempertahankan posisinya adalah Pocari Sweat. Pocari Sweat menggunakan beberapa strategi pemasaran. Yaitu strategi promosi dengan menggunakan celebrity endorser. Dan menggunakan strategi produk dengan cara menjaga dan meningkatkan ekuitas merek. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Pocari Sweat pada anggota PB. Suryanaga Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah anggota PB. Suryanaga Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode pendekatan sampling jenuh. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 109 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan variabel celebrity endorser dan ekuitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Pocari Sweat pada anggota PB. Suryanaga Surabaya.
Kata Kunci : Celebrity Endorser, Ekuitas merek, dan Keputusan Pembelian
ABSTRACT
INFLUENCE OF CELEBRITY ENDORSER AND BRAND EQUITY TOWARDS PURCHASE DECISION POCARI SWEAT
IN MEMBERS PB. SURYANAGA SURABAYA
Name : Lisa Iin Hidayah
Study Program : S1 Pendidikan Tata Niaga
Department : Economic Education
Faculty : Economics
Institution Name : Universitas Negeri Surabaya
Instructor : Novi Marlena, S.Pd., M.Si
The world of Indonesia's beverage industry in recent years shows very rapid growth. This leads to increasingly intense competition. One of the brands of soft drinks that seeks to maintain its position is Pocari Sweat. Pocari Sweat uses several marketing strategies. The promotion strategy is using celebrity endorser. And use product strategy by maintaining and enhancing brand equity. This research was conducted with the aim of knowing the influence of celebrity endorsers and brand equity against the purchase decision of Pocari Sweat on members of PB. Suryanaga Surabaya.
The population in this study was a member of PB. Suryanaga Surabaya. Sampling techniques use nonprobability sampling with a saturated sampling approach method. The number of samples in this study was 109 respondents. The data analysis technique used is a double linear regression analysis. The results showed that both the partial and simultaneous variables of celebrity endorser and brand equity were positively influential towards the purchase decision of Pocari Sweat on members of PB. Suryanaga Surabaya.
Keywords : Celebrity endorser, equity brand, and purchasing decisions