Pengaruh Game Menghitung Binatang Terhadap Kemampuan Menghitung Permulaan 1 Sampai 20 Bagi Anak Kelompok B
Game effect counting animals on the ability to calculate startups 1 to 20 for child group B
Kemampuan berhitung adalah kemampuan yang berhubungan dengan penjumlahan, pengurangan, membagi, memperbanyak dan sebagainya. Kemampuan menghitung permulaan dapat ditingkatkan melalui game, yakni game menghitung binatang. game menghitung binatang yang digunakan yaitu dengan cara anak memainkan game dengan membilang benda sesuai lambang bilangan yang tertera dalam game. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh game menghitung binatang terhadap kemampuan menhitung permulaan 1 sampai 20 bagi anak kelompok B. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design atau eksperimen kuasi dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 anak terdiri dari kelompok eksperimen B3dengan jumlah 18 anak, dan kelompok kontrol B4 dengan jumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil penelitian ini menggunakan analisis data statistik SPSS 23.0. Pada uji validitas pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol memperoleh nilai sig, < dari 0,05, sehingga butir-butir indikator dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach alpha > dari 0,60 sehingga disimpulkan bahwa butir-butir indikator bersifat reliabel. Pada uji normalitas diperoleh nilai Sig. > 0,05 sehingga disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh game menghitung binatang terhadap kemampuan menghitung permulaan 1 sampai 20 bagi anak kelompok B.
Kata kunci : game menghitung permulaan, menghitung permulaan.
Counting capability is ability related to addition, subtraction, divide, multiply and so on. The initial counting capability can be improved through the game, Which is game counting animals. Game Counting the animals used is the way the child Plays the game by crossing the objects according to the number of the Numbers listed in the game. The purpose of this research is to know the influence of the Game counting animals against the ability to calculate start 1 to 20 for the child group B. This research method uses a quantitative research approach with the Type Of quasi Experimental Design research or quasi experiment With The type of nonequivalent Control Group design. The samples in this study amounted to 36 children consisting of an experimental group B3dengan a total of 18 children, and a control group of B4 with a total of 18 children. The data collection techniques used are observations. The results of this study used statistical data analysis of SPSS 23.0. In the pre-Test and post-test validity of the experiment group and the controls obtained the value of the sig, < from 0.05, so that the indicator items are declared valid. In the reliability test, the value of the Cronbach Alpha was > from 0.60 so it was concluded that the indicator items were reliable. In test normality obtained the value of Sig. > 0.05 so it was concluded that the data is normal distribution. Then it was concluded that there was influence of the Game counting animals on the ability to calculate start 1 to 20 for child group B.
Keywords: counting start-up game, counting start-up