Ethnocentrism in Edward Zwick's The Last Samurai
Penelitian ini berfokus pada etnosentrisme dalam The Last Samurai karya Edward Zwick. Hal ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi bagaimana etnosentrisme digambarkan dan tercermin dalam kehidupan samurai. Teori etnosentrisme oleh William G. Sumner akan digunakan untuk menganalisis film samurai terakhir. Data diperoleh dengan cara menonton film, membaca naskah film, mengidentifikasi data berdasarkan topik kajian, dan mengkategorikan data. Berdasarkan temuan, ada tiga aspek etnosentris. Pertama, setia pada norma dalam kelompok. Kedua, mengungkapkan kebanggaan dalam kelompok. Ketiga, menilai dan meremehkan kelompok luar. Ketiga ciri etnosentrisme ini menciptakan persepsi yang mendalam dalam budaya dominan mereka kepada orang lain.
This research focuses on ethnocentrism in Edward Zwick’s The Last Samurai. It is intended to identify how ethnocentrism is depicted and reflected in the life of samurai. The ethnocentrism theory by William G. Sumner will use to analyze the last samurai movie. The data is obtained by watching the film, reading the movie script, identifying data based on the topic of study, and categorizing the data. Based on the finding, there are three aspects of ethnocentric. First, loyal to in-group norms. Second, express in-group pride. Third, judge and underestimate the out-group. These three features of ethnocentrism create a deep perception in their dominant culture to others.