Pengembangan permainan bola besar (bolavoli) berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan Minat belajar Peserta Didik Putri.
Kurniawan , Susetya Kukuh. 2020. Pengembangan permainan bola besar (bolavoli) berbasis Problem Based Learning Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Putri.Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd., dan (II) Dr. Nanik Indahwati, M.Or.
Kata Kunci:penjasorkes, bola besar, PBL , dan Minat belajar
Setiap peserta didik berhak mendapatkan pendidikan yang sebaiknya sebab pendidikan selalu berkembang dan meningkat setiap masanya. Pendidikan sendiri memeiliki peran yang sangat vital bagi peserta didik salah satunya pendidikan jasmani olahraga kesehatan. PJOK memiliki tujuan yaitu meningkatkan potensi fisik peserta didik, membudayakan sportivitas, dan budaya hidup sehat, maka dari itu perlu kita buat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan yang nyaman dan bisa tercapai tujuan-tujuan tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan dalam penyusunan atau stategi pembelajran yang menarik agar tujuan tersbut tercapai.
Maka dari itu, Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pendidikan jasmani permainan bola besar berbasis Problem Based Learning(PBL) meningkatkan minat belajar peserta didik kususnya putri.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian dan pengembangan (research & development) mengacu pada model ADDIE singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations. Dalam penelitian ini karena bersamaan dengan masa pandemic maka diterpakan dengan penerpan elearning dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik kususnya putri. Dalam penelitian ini terdapapan pengembang RPP, LKPD dan angket respon guru, anket minat belajar peserta didik dan ketrampilang pasing bawah bolavoli.
Hasil pengembangan permaina bola besar berbasis problem based learning berbasis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik putri adalah sebagai berikut pelaksanaan pembelajaran terlaksana baik dengan nilai 80,4%, respon guru sangat baik dan pendapat sangat mendukung,keterampilan pasing bawah bolavoli peserta didik kuat mencapai 78,6% dan minat belajar kuat dengan nilai 75,05%. Produk pengembangan permainan bola besar (bolavoli) berbasis problem based learning sangat baik bagi peserta didik putri untuk meningkatkan minat belajar.
Kurniawan, Susetya Kukuh. 2020. development of big ball game (volleyball) based on problem based learning to increase the learning interest of female students. Thesis, Sports Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Advisor: (I) Dr. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd., and (II) Dr. Nanik Indahwati, M.Or.
Keywords: Physical Education, Big Ball,PBL, and learning interest.
Every students has a right to get the best education because education always develops and increases every time. Education itself has a very vital role for students and one example is physical education. PJOK has some goals; increasing the physical potential of students, sportsmanship, and the habits of healthy living. Therefore we need to make comfortable learning and an interesting learning strategy for Physical Education to achieve these goals.
This research aims to make physical education learning tools for big ball based on Problem Based Learning (PBL) for increasing learning of students, especially female students.
This research uses a research and development design which refers to the ADDIE model which stands for Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations. Because of the pandemic period, the research applies e-learning application to increase learning interest of students, especially female students. This research includes developing RPP, LKPD, questionnaires for teacher and students and observation sheets for the assessment of skills in low pass in volleyball.
The results of the development of big ball based on problem-based learning to increase learning interest of female students are as follows: the implementation of learning is carried out well with a value of 80.4%, teacher’s response and opinion are very good, skills for low passing of female students reach 78.6% s and the interest in learning is high with a value of 75.05%. The product of developing of big ball game (volleyball) based on problem based learning to increase the learning interest of female studentss