ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA KELAS X OTKP DI SMK PGRI
SOOKO MOJOKERTO
Nama :
David Chandra AdingWijaya
NIM :
13080314056
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan :
Pendidikan Ekonomi
Fakultas :
Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :
TriesnindaPahlevi., S.Pd.,M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning pada mata pelajaran administrasi umum terhadap hasil belajar siswa kelas
X OTKP di SMK PGRI Sooko Mojokerto, Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning pada mata pelajaran administrasi umum terhadap hasil belajar siswa di SMK PGRI Sooko Mojokerto. Jenis
penelitian ini adalah experiment research
dengan menggunakan desain penelitian Quasi
Experimental Design dan rancangan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas X OTKP SMK PGRI
Sooko
Mojokerto yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian yang diambil menggunakan sampling
jenuh dengan mengambil semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan X OTKP 2 sebagai kelas
kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada pretest dan posttest experiment class yaitu 52,35 dan 88,16; control class nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 61,16 dan 81,83, sedangkan gainscore experiment class 35,83 dan control class 20,66. Berdasarkan uji tposttest dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16.0 melalui uji
statistika Independent Sample Test
menunjukkan bahwa perolehan perhitungan uji-t yaitu taraf signifikansi sebesar
0,00<0,05 dan thitung (3,775)>ttabel (2,001). Uji t
gainscore pada experiment class dan control
class menunjukkan bahwa taraf signifikansi sebesar 0,00<0,05 dan thitung >ttabel
(6,602>2, 001 ).
Berdasarkan dari analisis uji t posttest
dan gainscore diatas dapat disimpulkan
bahwa Ha diterima yaitu terdapat
pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum
di SMK PGRI Sooko Mojokerto diterima.
Kata kunci : Model
Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil
Belajar.