ABSTRAK
Musthofa,
Syamsul. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil
Belajar dan Keterampilan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas VII pada Materi
Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Pembimbing: (I) Dr. Ketut
Prasetyo, M.S., dan (II) Dr. Nugroho Hari Purnomo, M.Si.
Kata-kata
Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Keterampilan Memecahkan
Masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap perubahan
hasil belajar dan keterampilan memecahkan masalah peserta didik kelas VII pada
materi potensi dan pemanfaatan sumber daya alam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan Nonequivalent control group design . Sampel dalam
penelitian ini adalah peserta didik MTs kelas VII. Kelompok eksperimen mendapat
pengajaran menggunakan model berbasis masalah (PBM) dan kelas kontrol menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation . Kedua kelas penelitian diukur hasil belajar (pengetahuan) dan
keterampilan memecahkan masalah. Data yang diperoleh diuji menggunakan Independent
sample t-test untuk melihat perbedaan di kedua kelas penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua
kelas penelitian mengalami perubahan secara positif pada hasil belajar dan
keterampilan memecahkan masalah peserta didik. Pada kelas eksperimen yang
diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) menunjukkan hasil
belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation . Penilaian akhir
menunjukkan bahwa hasil posttest
peserta didik menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,019 <0,05
yang artinya terdapat perbedaan signifikan. Hasil observasi untuk nilai
keterampilan memecahkan masalah diakhir pembelajaran menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 yang
artinya terdapat perbedaan siginifikan. Adanya perbedaan yang signifikan
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM)
terhadap hasil belajar dan keterampilan memecahkan masalah peserta didik.
Berkaitan
dengan tujuan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
berbasis masalah (PBM) berpengaruh signifikan yang berdampak terhadap perubahan
hasil belajar pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan memecahkan masalah
peserta didik.