PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR LOB BULUTANGKIS
THE EFFECT IVENESS OF PEER TUTORING MODEL TO WARDS THE BADMINTON LOB LEARNING PROCESS
Belajar merupakan aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dengan manusia, kegiatan belajar mengajar pada umumnya dilakukan di sekolah. Kegiatan belajar mengajar yang efektif yaitu adanya interaksi yang baik dari kedua pelaku dalam pembelajaran tersebut.
Pembelajaran dapat mencapai suatu tujuan perlu adanya stategi sesuai dengan kebutuhan yang ada di sekolah. Salah satunya menggunakan metode belajar tutor sebaya. Metode ini dapat dilaksanakan untuk membantu suatu tujuan pembajaran karena adanya hubungan baik antara siswa satu dengan siswa yang lain, dengan harapan membantu untuk menyampaikan materi dan menjelaskan kepada teman sebayanya. Metoode ini dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam proses peembelajaran yang sedang dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar lob bulutangkis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian two group pre-test post-test design. Proses pengambilan data dengan tes keterampilan dan tes pengetahuan
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar lob bulutangkis. Pada kelompok eksperimen diperoleh peningkatan hasil belajar menggunakan metode tutor sebaya dengan dibuktika perhitungan presentase pengaruh yaitu pada kelompok eksperimen aspek pengetahuan 60,63%, dan kontrol sebesar 59,18%, aspek keterampilan eksperimen 60,83% dan kelompok kontrol 30,05%.
Kata Kunci : Tutor Sebaya, Lob, Bulutangkis
Learn is an activity that can not be separated from humans, teaching and learning activities are generally carried out in schools. Effective teaching and learning activities, namely a good interaction between the two actors in the learning.
Learning can achieve a goal needs a strategy in accordance with the needs that exist in school. One of them uses peer tutoring learning methods. This method can be implemented to help a learning goal because there is a good relationship between one student and another student, with the hope of helping to convey the material and explain it to their peers. This method can develop students' creativity in the learning process that is being carried out.
This study aims to determine the effect of the application of peer tutoring learning methods on lob badminton learning outcomes. This research is an experimental research with quantitative approach, two group pre-test post-test design research design. The process of taking data with skills tests and knowledge tests.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that there is a significant effect of the application of peer tutoring methods on learning outcomes of badminton lob. In the experimental group obtained an increase in learning outcomes using the peer tutoring method with evidence of the calculation of the percentage of influence in the experimental group knowledge aspects of 60.63%, and control of 59.18%, aspects of experimental skills 60.83% and the control group 30.05%.
Keywords: Peer Tutor, Lob, Badminton