Pengembangan Buku Panduan Edukasi Sampah terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini
Developing the Educational-learning Materials about Waste by Guidebook for Early Children's Logical Thinking Ability
Permasalahan sampah yang terus mengkhawatirkan karena disebabkan oleh minimnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk mengelolanya. Keterbatasan materi dan media pembelajaran edukasi sampah yang dilaksanakan di lembaga Taman Kanak-kanak menjadikan anak belum memiliki pengetahuan tentang sampah, bahkan masih ada yang perlu diingatkan untuk membuang sampahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan serta keefektifan pengembangan produk buku panduan edukasi sampah terhadap kemampuan berpikir logis pada anak usia dini. Penelitian pengembangan dengan model ADDIE ini diterapkan kepada subjek berjumlah 30 anak kelompok B di TK Nurul Azhaar. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa buku panduan edukasi sampah dengan judul “Aku Pandai Memilah Sampah” yang layak dan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia dini dengan mendapatkan persentase nilai validasi materi sebesar 94,23% dan ahli media sebesar 92,85% yang masuk ke dalam kategori sangat baik. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,7245 atau persentase N-Gain sebesar 72,45% yang termasuk ke dalam kategori cukup efektif. Penerapan buku panduan edukasi sampah memberikan manfaat untuk memberikan pengetahuan baru tentang sampah dan meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia dini. Dalam pengimplementasiannya, media cetak harus disesuaikan dengan rasio jumlah anak.
Kata Kunci: buku panduan, edukasi sampah, berpikir logis, anak usia dini.
Overcoming waste that continues to be controlled because it is caused by the lack of knowledge and awareness of the community to manage it. The limited materials and learning media for waste education carried out in Kindergarten institutions mean that children do not yet have knowledge about waste, and some even need to be reminded to dispose of their trash. This study aims to develop and determine the feasibility and effectiveness of product development guidebooks on waste education on logistical thinking skills at an early age. This development research with the ADDIE model was applied to 30 subjects in group B at Nurul Azhaar Kindergarten. Data collection techniques using questionnaires and observation. This development research produced a product in the form of a waste education guidebook with the title “Aku Pandai Memilah Sampah” which is feasible and effective enough to improve the logical thinking skills of early childhood by obtaining a proportion of material validation values of 94.23% and media experts of 92.85 % that fall into the very good category. Data analysis used descriptive statistics by obtaining an N-Gain value of 0.7245 or an N-Gain proportion of 72.45% which was included in the quite effective category. The application of a waste education guidebook provides the benefits of providing new knowledge about waste and increasing the ability to think logically at an early age. In its application, print media must be adjusted to the ratio of the number of children.
Keywords: guidebook, waste education, logical thinking, early childhood.