Pendidikan adalah usaha sadar yang terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik mampu mengembangkan potensi yang dimiliki. Para ahli pendidikan mengungkapkan bahwa orang tua memiliki andil besar dalam keberhasilan anaknya karena mereka merupakan pendidik yang utama dan pertama, ketika individu lahir dia akan berada dalam pemeliharaan dan dibesarkan oleh orang tua dari anak-anak hingga dewasa dalam ruang lingkup keluarga. Salah satu wali kelas di SDN Jeruk I Surabaya mengungkapkan bahwa tingkat pendidikan orang tua sering dihubung-hubungkan dengan pendidikan anaknya, hal ini dikarenakan sosok orang tua memegang peranan penting dalam mendidik anak, peranan penting inilah yang menuntut orang tua bertanggung jawab penuh terhadap pendidikan anak. Pendidikan anak yang baik tidak terlepas dari usaha orang tua dalam memberikan perhatian yang baik juga kepada anak. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat pendidikan orang tua siswa kelas V SDN Jeruk I Lakarsantri Surabaya, (2) Mengetahui perhatian orang tua siswa kelas V SDN Jeruk I Lakarsantri Surabaya, (3) Mengetahui hasil belajar siswa yang ditinjau dari aspek ranah kognitifnya. (4) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap perhatian hasil belajar siswa kelas V SDN Jeruk I Lakarsantri Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan : (1) Wawancara, (2) Observasi (3) Angket. Teknik untuk mengecek keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) latar belakang tingkat pendidikan orang tua tidak sepenuhnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (2) faktor perhatian yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena faktor perhatian memegang kendali atas baik tidaknya hasil belajar siswa
Kata Kunci : Pendidikan Orangtua, Perhatian, Hasil Belajar
Education is a conscious effort planned to realize the learning situation and process, so the students are able to develop their potential. Educational experts said that parents have a much contribution for winning their children because they are the first and foremost educators, compilation of birth individuals, they will be cared and raised by parents from children to adults in the family. One of the homerooms teacher in Jeruk I Elementary School Surabaya shows that the level parents education are often associated with education, it is related with parents must have an important role to educating children, and helping responsible parents to support children's education. Good children's education can not be separated from the efforts of parents from giving a good attention to the children. Therefore, this research aims to: (1) Know the education parents level in fifth grade students of Jeruk I Lakarsantri Elementary School Surabaya, (2) Knowing the parents attention of fifth grade students Jeruk I Lakarsantri Elementary school Surabaya, (3) Knowing student learning outcomes seem from cognitive aspects. (4) The influence of parental education level to the attention of learning outcomes in fifth grade students Jeruk I Lakarsantri Elementary School Surabaya.
This research uses a qualitative method. Data collection techniques used are: (1) Interview, (2) Observation (3) Questionnaire. The technique for checking the validity data are using source triangulation and technique triangulation. Data analysis uses data reduction, data presentation and data verification. The results of this research indicate that: (1) the background eduacation parent level is not entirely contrary with student learning outcomes, (2) attention factors related with student learning outcomes because attention factors hold control over the goodness student learning outcomes
Keywords: Parent Education, Attention, Learning Outcomes