Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil pengembangan buku ajar pada mata pelajaran Korespondensi semester gasal kelas X MP sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2017 di SMKN 2 Buduran, (2) mengetahui kelayakan buku ajar pada mata pelajaran Korespondensi semester gasal kelas X Manajemen Perkantoran sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2017 di SMKN 2 Buduran, (3) mengetahui evaluasi peserta didik terhadap pengembangan buku ajar pada mata pelajaran Korespondensi semester gasal kelas X Manajemen Perkantoran sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2017 di SMKN 2 Buduran. Model pengembangan yang digunakan ini adalah model 4D Models dari Thiagarajan (Define-Design-Develop-Desseminate). tahap penyebaran (Disseminate) yaitu tahap penggunaan buku ajar dan disebarkan kepada pengguna buku ajar. Penelitian ini dilaksanakan kepada 20 peserta didik kelas X Manajemen Perkantoran 1 di SMKN 2 Buduran. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa (1) ahli materi memperoleh 87,5% dengan interpretasi sangat layak, (2) ahli bahasa memperoleh 72% dengan interpretasi layak, dan (3) ahli kegrafikan memperoleh 90,6% dengan interpretasi sangat layak. Kemudian hasil dari skor rata-rata keseluruhan validasi tersebut sebesar 83,6% dengan interpretasi sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap buku ajar korespondensi semester gasal kelas X Manajemen Perkantoran mendapatkan hasil yang positif dan baik untuk digunakan sebagai sumber belajar, hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata skor persentase evaluasi peserta didik sebesar 97% dengan interpretasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa buku ajar korepondensi semester gasal dengan kriteria interpretasi sangat kuat tersebut dinyatakan baik digunakan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci : Pengembangan Buku Ajar, Kurikulum 2013 revisi 2017, Korespondensi, 4D
This study aims to (1) find out the results of the development of textbooks in odd semester X subjects correspondence class X MP in accordance with the 2013 revised 2017 curriculum at SMKN 2 Buduran , (2) find out the feasibility of textbooks in odd semester X Correspondence subjects in Office Management according with the 2013 revised 2017 curriculum at SMKN 2 Buduran, (3) knowing students' evaluations of the development of textbooks on odd semester subjects of Office X Class Management in accordance with the 2013 revised 2017 curriculum at SMKN 2 Buduran. The development model used is the 4D Models model from Thiagarajan (Define-Design-Develop-Desseminate). The dissemination stage, which is the stage of the use of textbooks and is distributed to textbook users. This research was conducted on 20 students of Class X Office Management 1 at SMK 2 Buduran. Validation results from experts show that (1) material experts get 87.5% with very proper interpretation, (2) linguists get 72% with proper interpretation, and (3) graphic experts get 90.6% with very proper interpretation. Then the results of the overall average score of validation was 83.6% with a very decent interpretation. The results of students' responses to the odd semester textbooks in class X Office Management get positive results and are good to be used as a source of learning, this is evidenced by the results of the average percentage of student evaluation scores of 97% with very good interpretation. It can be concluded that the odd semester correspondence textbooks with very strong interpretation criteria are stated to be well used as teaching material.
Keywords: Textbook Development, revised 2013 curriculum in 2017, Correspondence, 4D