Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, aktivitas siswa, hasil belajar dan respon siswa pada materi sistem gerak manusia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest design dengan replikasi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Menganti. Instrumen yang digunkan adalah lembar observasi keterlaksanaan, lembar aktivitas siswa, lembar tes hasil beajar, dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data adalah validasi, angket, observasi, serta pretest dan posttest. Metode analisis data secara statistik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) modus kategori keterlaksanaan pembelajaran pada kelas VIII-A dan VIII-F pertemuan I dan II adalah sangat baik. (2) aktivitas siswa terhadap penerapan media pembelajaran interaktif macromedia flash hasil rata-rata menunjukkan aktivitas positif dalam mengerjakan LKS dan diskusi dengan media pembelajaran interaktif macromedia flash. (3) Hasil belajar siswa dalam memahami konsep sangat baik dibuktikan dengan peingkatan N-gain score pada kategori tinggi berturut-turut kelas VIII-A dan VIII-F yaitu 53,1% dan 71,9%. (4) Respon siswa hasil rata-rata mendapatkan kategori sangat baik dikelas VIII-A sebesar 95,2% dan VIII-F 95,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan media pembelajaran interaktif macromedia flash pada materi sistem gerak manusia dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas VIII SMPN 2 Menganti.
Kata kunci : Macromedia flash, hasil belajar, sistem gerak manusia
This study aims to describe the implementation, student activities, learning outcomes and student responses to the material system of human motion. This type of research is an experimental quantitative descriptive method with one group pretest posttest design research design with replication. The target of this study was class VIII of SMPN 2 Menganti. The instruments used are implementation observation sheets, student activity sheets, student test results sheets, and student response questionnaires. Data collection techniques are validation, questionnaire, observation, and pretest and posttest. Methods of data analysis are quantitative and qualitative statistics. The results showed (1) the mode of learning implementation in classes VIII-A and VIII-F of meetings I and II was very good. (2) student activities towards the application of macromedia flash interactive learning media on average shows positive activities in working on LKS and discussions with macromedia flash interactive learning media. (3) Student learning outcomes in understanding the concept are very well proven by the increase in the N-gain score in the VIII-A and VIII-F classes, respectively 53.1% and 71.9%. (4) Response of students on average results get very good categories in class VIII-A of 95.2% and VIII-F 95.4%. The conclusion of this study is the application of macromedia flash interactive learning media to the material of human motion systems can improve learning outcomes for students of class VIII SMP 2 Menganti.
Keywords: Macromedia flash, learning outcomes, human motion system