PEMBELAJARAN VOCAL BAGI SISWA TUNA NETRA DI SLB NEGERI SEDURI MOJOSARI PADA MASA PANDEMI COVID 19
VOCAL LEARNING FOR BLIND STUDENTS IN SEDURI MOJOSARI STATE SLB DURING THE COVID 19 PANDEMIC
Pendidikan adalah hak untuk semua anak di dunia tak terkecuali anak berkebutuhan khusus, di Kecamatan Mojosari terdapat Sekolah Luar Biasa Negeri Seduri yang turut memberikan hak Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Dalam sekolah ini pembelajaran seni musik hanya diberikan kepada siswa tuna Netra saja. Dalam penelitian ini fokus yang diteliti adalah bagaimana pembelajaran musik yang diterapkan bagi siswa tuna netra serta kendala yang dihadapi dalam pembelajaran di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang datanya diperoleh dari wawancara dan studi buku. Hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran dilakukan secara 50% dalam jaringan dan 50% luar jaringan. Penggunaan metode imitasi dalam pemberian materi serta pembelajaran dilakukan dengan penggabungan semua kelas tuna netra yakni kelas 3,5,6 SD dan 8 SMP dengan jumlah siswa sebanyak 4 orang. Kendala yang dihadapi saat masa pandemic adalah jaringan yang menyebabkan kurang optimalnya mekanisme pembelajaran.
Education is a right for all children in the world, including children with special needs in Mojosari District there is a Seduri State Special School which also provides education rights for children with special needs. In this school, music learning is only given to blind students. In this study, the focus studied was how music learning was applied to blind students and the obstacles faced in learning during the pandemic. The research method used is descriptive qualitative data obtained from interviews and book studies. The results of the study found that learning was carried out 50% in the network and 50% outside the network. the use of the imitation method in providing material and learning is done by combining all the blind classes, namely grades 3,5,6 elementary and 8 junior high schools with a total of 4 students. The obstacle faced during the pandemic is the network that causes the learning mechanism to be less than optimal.