Penerapan Permainan Hydrocarbon Adventures Sebagai Media Pembelajaran Secara Daring pada Pandemi Covid-19
Implementation Of Hydrocarbon Adventures Game As An Online Learning Media During Covid-19 Pandemic
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh keberhasilan penerapan permainan Hydrocarbon Adventures sebagai media pembelajaran materi senyawa hidrokarbon secara daring pada pandemi covid-19 di SMAN 1 Sampang. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen, one-group-pretest-posttest. Sasaran penelitian ini adalah pembelajaran secara daring menggunakan media permainan Hydrocarbon Adventures yang dilakukan oleh 27 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sampang. Para peserta didik akan diberikan pretest sebelum menggunakan media pembelajaran permainan dan posttest setelah menggunakan media pembelajaran permainan, setelah itu diberikan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran menggunakan media permainan Hydrocarbon Adventures mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal untuk nilai mencapai angka 92,59%, dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada nilai pretest sebesar 44,19 menjadi nilai posttest sebesar 83,41, dan menunjukkan peningkatan yang diuji dengan skor gain 0,7 berada pada kategori sedang. Berdasarkan dari data tersebut didukung hasil respon peserta didik sebesar 79,2% yang menunjukkan respon positif terhadap media pembelajaran. Berdasarkan hasil ini, disimpulkan bahwa media pembelajaran Hydrocarbon Adventures pada materi senyawa hidrokarbon melalui pembelajaran daring selama pandemi covid-19 berhasil dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
The purpose of this study was to obtain the successful application of the game Hydrocarbon Adventures as an online learning medium for hydrocarbon compounds in the covid-19 pandemic. The design of this study used the one-group-pretest-posttest experimental method. The target of this research is online learning using Hydrocarbon Adventures media games conducted by 27 grade XI students of Senior High School 1 Sampang. The students will be given pretest before using game. After using the game, students will be given postest. The students also answered the questionnaire about online learning using game. The results showed that student learning outcomes after using the learning media Hydrocarbon Adventures game had increased with classical completeness for values reaching 92.59%, and an increase in student learning outcomes at a pretest value of 44,19 into a posttest value of 83,41, and shows the improvement tested with a gain score of 0.7 being in the medium category. Based on these results that is also supported by the results of the questionnaire responses, where 79.2% of the students giving a positive responses to the learning media after using it. Based on the results of the research, it can be concluded that the Hydrocarbon Adventures learning media on the material of hydrocarbon compounds through online learning during the covid-19 pandemic succeeded in being able improve student learning outcomes.