PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUB TEMA MATAHARI KELAS II SDN SAMBIKEREP 1 SURABAYA
DIORAMA MEDIA DEVELOPMENT ON THEMATIC SUB THEME SUN CLASS II SDN SAMBIKEREP 1 SURABAYA
Hasil belajar siswa kelas II SDN Sambikerep 1 Surabaya pada materi kenampakan matahari termasuk kategori rendah yakni dibawah Nilai KKM 75, hasil ini diperoleh berdasarkan data hasil observasi lapangan dan wawancara dengan guru kelas II di sekolah SDN Sambikerep 1 Surabaya. Penyebabnya adalah penggunaan media yang belum tepat. Maka tujan dari penelitian ini untk menghasilkan media pembelajaran diorama sebagai solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu meningkatkan hasil belajar kelas II SDN Sambikerep 1 Surabaya pada materi kenampakan matahari. Penelitian ini menggunakan pendekatan model Research and Development (R&D) dari model Borg&Gall. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, angket untuk ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan pada media tersebut. Dalam pengembangan ini selain mengetahui kelayakan juga penting mengetahui keefektifan media sebagai media pembelajaran, peneliti juga menggunakan metode tes yaitu Pre-Test dan Post-Test untuk bahan perbandingan hasil belajar siswa ketika sebelum menggunakan media pembelajaran diorama dan sesudahnya. Dalam uji coba subjek yaitu uji coba perorangan dengan menggunakan 3 subjek, kemudian 7 subjek untuk uji coba kelompok kecil dan 30 subjek untuk uji coba lapangan. Sesuai dengan uji coba kelayakan yang telah dilakukan, hasil dari ahli materi memperoleh presentase sebesar 90%, untuk hasil perolehan ahli media sebesar 95%. Untuk uji perorangan terhadap peserta didik sebesar 89,5%, uji coba kelompok kecil memperoleh hasil presentase sebesar 87,4%, dan uji coba lapangan memperoleh hasil lapangan sebesar 89,5%. Dilihat dari presentase tersebut , dapat disimpulkan bahwa media termasuk dalam kriteria “sangat baik” serta layak digunakan sebagai pembelajaran. Sedangkan untuk hasil analisis tes, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test sebelum menggunakan media dan Post-test setelah menggunakan media berdasarkan hasil uji t bahwasanya T hitung > t tabel yaitu dengan nilai 4,760 > 1,699. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Diorama efektif digunakan dalam pembelajaran sub tema matahari materi kenampakan matahari kelas II SDN Sambikerep 1 Surabaya.
Kata Kunci : media pembelajaran, diorama, hasil belajar
The learning result of II grade students of SDN Sambikerep 1 Surabaya on the material appearance of the sun are in the low KKM category 75, these results are obtained based on data from field observations and interviews with science teachers at the school. The reason is the use of learning media that have not been right. So the researchers used the diorama media as an alternative to overcoming the problem improve learning outcomes of II grade students of SDN Sambikerep 1 Surabaya on the material appearance of the sun. The model used in this research is Research and Development (R&D) from Borg&Gall. In the collect the data, researcher used the interview, questionnaire for the matter and to media expert to know feasibility in a media.In developing this media, beside to know feasibility, to know effective this media more important to. the researcher used evaluation form test pre-test and pos-test to compare student learning outcomes before utilizing the diorama media learning and after utilizing the diorama media learning To know design trials for effective this media for learning the researcher used One Group Pre-Test Post-Test, all that to know for effectifity this media. The trials for media got a three, that is 3 student for individual test, try give 7 students for small group test and the 30 students for a field test.In accordance with the test that have been done, the result of the people of material get the result 90%, for the result of revenue from media get 95%. Trial for students from individuals get 89,5%, for result trial from small group get 87,4% and the result from field trial get 89,5%. From the percentage, it can be conclude the media including in criteria “excellent” and being used in learning. As for the analysis test, there are significant differences between the Pre-test before using media and the Post-test after using it.Based on the result from T test, t count > t table is 4,760 > 1,699. Therefor it can be conclude that media diorama learning affective for the material appearance of the sun Lessons classs II grade students of SDN Sambikerep 1 Surabaya.
Keyword: instructional media, diorama, learning result