Abstrak
KARAKTERISTIK PRODUK BUSANA PESTA YANG DIMINATI KONSUMEN BUTIK ALBEN AYUB ANDAL
(Jln. Taruna, IX nomer75 Wage Taman Sidoarjo)
Nama : Devi Prahayu Ningtyas
Nim : 14050404044
Prodi : S1 Pendidikan Tata Busana 2014
Nama Lembaga : Universitas Negri Surabaya
Pembimbing : Drs. Mein Kharnolis, M. SM.
NIP : 196705071993021001
Karakteristik produk adalah keistimewaan produk yang berfungsi untuk membantu konsumen membedakan suatu produk. Busana pesta adalah busana yang dikenakan untuk menghadiri kesempatan acara pesta atau sejenisnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk busana pesta yang diminati konsumen butik Alben Ayub Andal berdasarkan personal order dan sistem produksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan akan menghasilkan data yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik produk busana pesta yang diminati konsumen berdasarkan personal order dan sistem produksi ditinjau dari ide, desain produk, warna selalu mengikuti tren dan bukan untuk diproduksi secara masal serta fitur produk terletak pada penerapan desain hiasan pada produk busana pesta.
Kata Kunci: Karakteristik produk, busana pesta, minat konsumen.
Abstract
Product characteristics are product features that function to help consumers differentiate a product. Party dress is clothing worn to attend to party events or the like.
This study aims to find out the characteristics of party fashion products that interest Alben Ayub Andal consumers based on personal orders and production systems. The type of research used is descriptive research and will produce qualitative data. Data collection using observation and interview methods using research instruments used in the form of observation and interview instruments.
The results showed that the characteristics of party fashion products that are of interest to consumers based on personal orders and production systems in terms of ideas, product design, colors always follow the trend and not to be mass-produced and product features lie in the application of decorative designs to party fashion products.
The key word: The characteristics of the product, the partyfashion, consumer interest.