THE EFFECT OF THE ELECTROPLATING PROCESS ON THE EROSION RATE OF NICKEL LAYER ON Al6061 PROPELLER MATERIAL
Untuk menghubungkan antar pulau menggunakan kapal atau perahu yang merupakan salah satu kendaraan yang dapat digunakan dalam media air laut. Untuk mengoperasikan sebuah kapal diperlukan mesin sebagai penggerak dan baling-baling sebagai penggeraknya. Penggunaan baling-baling yang terus menerus memungkinkan terjadinya korosi karena air laut dapat mempercepat korosi suatu material sehingga mengakibatkan perubahan struktur mikro material tersebut. Al6061 merupakan aluminium yang banyak digunakan sebagai material utama pada baling-baling kapal sehingga pengaplikasiannya membutuhkan sifat material yang tahan terhadap korosi. Untuk mengurangi terjadinya korosi pada baling-baling berbahan Al6061 dapat melalui proses pelapisan nikel dengan metode elektroplating. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil uji struktur mikro dan berat dari hasil uji laju korosi material Al6061 yang belum pernah dilakukan elektroplating sebelumnya. Metode penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan metode kuantitatif. Pada penelitian ini material yang digunakan pada penelitian ini adalah Al6061 yang telah melalui proses elektroplating yang dilapisi dengan nikel dengan variasi lama waktu pelapisan kemudian dilakukan pengujian untuk mengetahui ketebalan lapisan tersebut. Kemudian dilakukan pengujian laju korosi dengan variasi 750 rpm, 1000 rpm dan 1250 rpm. Setelah itu, struktur mikro dilihat menggunakan mikroskop pembesar. Data eksperimen dianalisis menggunakan metode ANOVA dua arah. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil laju korosi pada material Al6061 yang mengalami proses elektroplating. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah ketebalan lapisan nikel yang paling tinggi pada material Al6061 dengan waktu elektroplating 30 menit dengan nilai 30,03µm, sedangkan nilai ketebalan paling kecil pada dapat dilakukan elektroplating dengan waktu 20 menit. , yaitu 20,39μm. Selain data ketebalan lapisan, data hasil laju korosi didapatkan nilai laju korosi terendah pada waktu elektroplating 30 menit dan kecepatan putar 750 rpm dengan nilai laju korosi 0,0431 mmpy dan tertinggi Nilai tersebut didapatkan pada parameter waktu elektroplating 20 menit dengan kecepatan putar 1250 rpm sebesar 0,3521 mmpy. Parameter waktu perendaman pada proses elektroplating dan kecepatan putar saat uji laju korosi berpengaruh nyata terhadap nilai ketebalan lapisan dan nilai laju korosi pada Al6061. Peningkatan ketebalan lapisan pada penelitian ini dikarenakan waktu elektroplating yang lama. Sedangkan laju korosi dipengaruhi oleh ketebalan lapisan nikel dan kecepatan putar saat uji korosi erosi.
To connect between islands using ships or boats which are one of the vehicles that can be used in seawater media. To operate a ship requires an engine as the driving force and a propeller as the propulsion. Continuous use of propellers allows corrosion to occur because sea water can accelerate corrosion of a material, resulting in changes in the microstructure of the material. Al6061 is aluminum which is widely used as the main material in boat propellers so that its application requires material properties that are resistant to corrosion. To reduce the occurrence of corrosion on propellers made from Al6061, you can go through a nickel plating process using the electroplating method. The purpose of this research is to determine the microstructure and weighing test results from the corrosion rate test results for Al6061 material which has never been electroplated before. This research method uses an experimental type with quantitative methods. In this study the material used in this study was Al6061 which had gone through an electroplating process which was coated with nickel with variations in the length of time the electroplating was then tested to determine the thickness of the coating. Then the corrosion rate was tested with variations of 750 rpm, 1000 rpm and 1250 rpm. After that, the microstructure was seen using a magnifying microscope. Experimental data were analyzed using the two way ANOVA method. The results of this study are that there is a significant effect on the results of the corrosion rate in the Al6061 material which goes through the electroplating process. The results in this study the highest nickel layer thickness at can be on Al6061 material which electroplating time is 30 minutes with a value of 30.03µm, on the other hand the thickness value is the smallest in can be electroplating with a time of 20 minutes, namely 20.39µm. In addition to the data on the thickness of the layer, the data on the results of the corrosion rate found that the lowest corrosion rate value was at 30 minutes electroplating time and 750 rpm rotational speed with a corrosion rate value of 0.0431 mmpy and the highest value was obtained at 20 minutes electroplating time parameter with 1250 rpm rotational speed of 0.3521 mmpy. Parameters of immersion time in the process electroplating and rotational speed during the corrosion rate test have a significant effect on the value of the layer thickness and the value of the corrosion rate on Al6061. The increase in coating thickness in this study was due to the long electroplating time. While the corrosion rate is influenced by the thickness of the nickel layer and the rotational speed during the erosion corrosion test.