Analisis Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Online Kependudukan (Si-Nduk) Di Desa Kabunan Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro
Analysis of Application Implementation Population Online Information System (Si-Nduk) in Kabunan Village Balen Sub District Bojonegoro District.
Pemerintah Kabupaten.Bojonegoro melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
menghadirkan Aplikasi Si-Nduk kepanjangan dari Sistem Informasi Online Kependudukan. Aplikasi
yang lahir pada bulan Maret 2020 dengan tujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 dengan
melakukan pelayanan online sehingga intesitas tatap muka petugas dan pemohon berkurang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan aplikasi Si-Nduk diDesa Kabunan Kecamatan
Balen Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Pengambilan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi.
Model yang digunakan adalah model pengukuran kesuksesan sistem informasi manajemen dari
DeLone.dan.McLean 2003 dalam Hidayatullah (2020). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kualitas
sistem peforma sistem yang tidak lamban, keamanan data yang sudah terjamin. (2) Kualitas informasi
kelengakapnya sudah sesuai (3) Kualitas Layanan rendah dikarenakan kurang responsifnya petugas
aplikasi. (4) Penggunaan aplikasi juga belum menyeluruh di desa Kabunan bahkan ada yang lambat
mengetahui fungsi dan kegunaan aplikasi Si-Nduk ini dan sangat jarang menggunakan aplikasi. (5)
Kepuasan Pengguna masyarakat desa Kabunan terhadap hadir nya aplikasi Si-Nduk ini masih belum
ada. Selain itu faktor lamban respon petugas membuat kepuasan dari pengguna terhadap aplikasi Si-
Nduk sangat kecil. (6) Net Benefit ketersediannya pelayanan administrasi kependudukan secara
online. Masih belum optimalnya layanan aplikasi Si-Nduk di Desa Kabunan maka, saran dari penulis
untuk Pemkab Bojonegoro atau PemDesa Kabunan melalui penelitian ini adalah dengan
meningkatkan petugas admin aplikasi Si-Nduk serta, melakukan sosialisasi secara menyeluruh ke
warga desa Kabunan agar seluruh masyarakat dapat menggunakan aplikasi Si-Nduk.
District Government.Bojonegoro through the Department of Population and Civil
Registration. presents the Si-Nduk Application, which stands for the Population Online Information
System. Applications born in March 2020 with the aim of suppressing the spread of Covid-19 by
providing online services so that the intensity of face-to-face meetings between officers and
applicants is reduced. This study aims to analyze the application of the Si-Nduk application in
Kabunan Village, Balen District, Bojonegoro Regency. This research is a descriptive research. by
using a qualitative approach. Collecting data using interviews, documentation and observation. The
model used is the management information system success measurement model from
DeLone.and.McLean 2003. Results of research These are (1) Quality system performance that is not
sluggish, guaranteed data security. (2) The quality of the complete information is appropriate (3) Quality of service, due to the lack of responsiveness of the application officer. (4) The use of the
application is also not comprehensive in the village of Kabunan and some are even slow to know the
functions and uses of the Si-Nduk application and very rarely use the application. (5) User satisfaction
from the Kabunan village community regarding the presence of the Si-Nduk application is still not
available. In addition, the slow response factor of officers makes user satisfaction with the Si-Nduk
application very small. (6) Net Benefit the availability of online population administration services.
The suggestion from the author for the Bojonegoro Regency Government or Kabunan Village
Government through this research is to increase the Si-Nduk application admin officer. Conduct a
thorough socialization to the residents of Kabunan village so that the entire community can use the
Si-Nduk application.