Wijayanti, Ratna. 2019. Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa
SDN Wonokusumo VII /46 Surabaya . Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Suryanti, M.Pd dan Dr. Eko Har i yono,
M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Metode
Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat
pembelajaran dengan model inkuiri
terbimbing yang layak u ntuk meningkatkan
hasil belajar ranah kognitif IPA SD khususnya materi bunyi kelas IV . Penelitian ini
merupakan jenis penelitian dan pengembangan, yaitu suatu penelitian untuk
mengembangkan suatu produk yaitu perangkat pembelajaran. Pengembangan perangkat
pembelajaran berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi
ajar bunyi ,
lembar kerja peserta didik (LKPD)
dan tes hasil belajar. Penelitian
ini dilaksanakan dengan menggunakan model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian
adalah siswa kelas IV SDN Wonokusumo VII/46 Surabaya. Teknik pengumpulan data
melalui lembar validasi perangkat, observasi dan tes hasil belajar. Hasil
penelitian men yatakan bahwa sebelum adanya
pengembangan perangkat pembelajaran menunjukkan rendahnya persentase hasil
belajar kognitif siswa, sehingga dilaksanakanlah sebuah inovasi yaitu
pengembangan perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing guna
meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa. Produk yang dihasilkan berupa pengembangan
perangkat pembelajaran yang dinyatakan; 1)
valid, diukur dari penilaian ke dua
validator (para ahli) dan dinyatakan valid, 2) praktis, sesuai dengan penilaian
dari kedua pengamat bahwa keterpakaian perangkat terlihat dari keterlaksanaan
RPP dan aktivitas siswa meningkat pada
setiap pertemuan, dan 3) efektif, terlihat dari adanya perbedaan yang
signifikan antara hasil pretest dan posttest hasil belajar
siswa serta respon positif
sisw a tentang perangkat dan proses pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing . Berdasarkan
hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran metode inkuiri terbimbing
dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk
meningkatkan hasil belaja r kognitif siswa kelas IV SDN
Wonokusumo VII/46 Surabaya.