Susanti,
Sri Mery . 2019. Pengembangan Media Diorama Simulasi Banjir
Untuk Mengenalakan Konsep Sains dan Kemampuan Menceritakan Kembali Pada Anak TK
Kelompok B di Kecamatan Jambangan Surabaya . Tesis , Program Studi Pendidikan Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Pascasarjana
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., dan (2)
Dr. Andi Mariono, M.Pd.
Kata-kata
Kunci : Media
Diorama, Konsep Sains, Menceritakan Kembali.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan, kepraktisan, dan
keefektifan media diorama simulasi banjir untuk mengenalkan konsep sains dan
kemampuan menceritakan kembali anak TK kelompok B di Kecamatan Jambangan
Surabaya.
Penelitian
pengembangan ini menggunakan prosedur model Borg and Gall. Subjek dalam
penelitian ini adalah 70 anak TK Kelompok B di Kecamatan Jambangan Surabaya.
Instrumen kelayakan media, materi dan buku panduan berupa angket validasi, angket
guru pengguna dan angket respon anak, keefektifan media dilakukan dengan Preeksperimental one group pretest-posttest
design dan quasi eksperimen nonequivalen
control group desing dengan instrumen berupa lembar observasi dan unjuk
kerja. Analisis data kelayakan dengan menghitung persentase valiasi ahli dan data
keefektifan dianalisis dengan melihat Normalized-Gain
dan Uji Hipotesis. Data hasil penelitian yang dihasilkan sebagai berikut:
kelayakan media diorama simulasi banjir oleh ahli media sebesar 3,8 atau valid
dengan persentase sebesar 94,11% atau kategori sangat layak, kelayakan materi
pembelajaran media diorama simulasi banjir oleh ahli materi sebesar 3,7 atau
valid dengan persentase sebesar 92,85% atau kategori sangat layak, kelayakan
buku panduan oleh ahli sebesar 3,9 atau valid dengan persentase 97,91% atau
kategori sangat layak, kelayakan media diorama simulasi banjir bagi guru
pengguna sebesar 100% dan dengan reliabilitas 98,88%.
Pada Uji Coba I
dan II keefektifan media diorama simulasi banjir pada kemampuan konsep sains di TK Ar Rochim sebesar
0,86 dengan kategori tinggi dan di TK Wahyu Kasih sebesar 0,86 atau kategori
tinggi. Keefektifan media pada kemampuan menceritakan kembali di TK Ar Rochim
sebesar 0,78 atau kategori tinggi dan di TK Wahyu Kasih sebesar 0,81 atau
kategori tinggi. Pada Uji Coba III keefektivan media diorama simulasi banjir
dalam kemampuan mengenal konsep sains pada kelompok kontrol
dapat kita ketahui nilai t hitung sebesar 1,643 dan Nilai t tabel
dengan df =38 dengan taraf α 0,05 adalah 1,686. Sedangkan pada kelompok
Eksperimen Nilai t hitung sebesar 4,400 dan Nilai t tabel
dengan df =38 dengan taraf α 0,05 adalah 1,686. diputuskan H0 ditolak
dan Ha diterima . Kemampuan
Menceritakan kembali pada kelompok kontrol dapat kita ketahui nilai t hitung
sebesar 0,573 dan Nilai t tabel dengan df =38 dengan taraf α 0,05
adalah 1,686. Sedangkan pada kelompok Eksperimen Nilai t hitung
sebesar 4,464 dan Nilai t tabel dengan df =38 dengan taraf α 0,05
adalah 1,686. Sehingga diputuskan H0 ditolak dan Ha diterima
Berdasarkan hasil analisis data, dapat
disimpulkan bahwa media diorama simulasi banjir dan buku panduan penggunaannya
dinyatakan sangat layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran
konsep sains dan menceritakan kembali pada anak TK Kelompok B, dengan tema
bencana alam sub tema bencana banjir.