KOMPOSITA NOMINA DALAM IKLAN ‘BETTER M’ MC. DONALD’S JERMAN
NOUN COMPOSITE IN ‘BETTER M’ MC. DONALD’S GERMANY ADVERTISEMENT
Penggunaan Komposita menjadi salah satu cara yang tepat untuk mewujudkan kata yang singkat, padat, dan jelas pada iklan. Namun, pembentukan Komposita dalam iklan sering kali terjadi permasalahan. Permasalahan dalam iklan tersebut dapat terkait konstruksi, penempatan inti dan modifikator serta makna dari Komposita tersebut. Permasalahan-permasalahan ini dapat ditemukan dalam iklan ‘Better M’ Mc. Donald’s Jerman. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan konstruksi, inti dan modifikator, serta makna Komposita dalam teks iklan ‘Better M’ Mc. Donald’s Jerman bagian ‘Umwelt und Verpackung’ edisi tahun 2021-2023. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data Komposita dalam teks iklan ‘Better M’ Mc. Donald’s Jerman. Komposita tersebut dikumpulkan dengan teknik baca catat dan dianalisis sesuai teori pembentukan kata dan penarikan makna oleh Kunkel-Razum dan Fleischer und Barz. Hasil analisis yang didapatkan yaitu konstruksi Komposita yang paling banyak digunakan pada iklan ‘Better M’ Mc, Donald’s Jerman selama 3 tahun terakhir yaitu Komposita dengan 2 konstituen dengan jenis nomina + nomina. Sedangkan penarikan makna yang paling banyak digunakan yaitu dengan penarikan makna yang dirunut per konstituen secara hubungan semantik dasar yang berkaitan dengan situasi spasial.
The use of composite is one of the right ways to create short, concise, and clear words in advertisements. However, the formation of composite in advertising often causes problems. Those problems can be related to construction, placement of cores and modifiers, and the meaning of composite. These problems can be found in Mc' Donald’s 'Better M' advertisement. Therefore, this research aims to describe the construction, core, modifiers, and meaning of composite in the advertisement’s text, 'Better M' Mc. Donald’s Germany section of 'Umwelt und Verpackung' 2021-2023 edition. This research uses a qualitative descriptive method with the data source being composite in the advertising’s text, 'Better M' Mc. Donald’s Germany. The composites were collected by note-reading techniques and analyzed according to the theory of word formation and meaning by Kunkel-Razum and Fleischer und Barz. The results of the analysis obtained are the composite construction that is most widely used in the 'Better M' Mc, Donald’s Germany advertisement for the last 3 years, namely composite with 2 constituents with the type noun + noun. Meanwhile, the most widely used meaning of composite is the extraction of meaning, which is traced per constituent in terms of basic semantic relationships related to the spatial situation.