Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran programmable logic controller berbasis smart relay zelio logic untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran instalasi motor listrik yang valid ditinjau dari hasil validasi ahli, (2) menghasilkan modul pembelajaran programmable logic controller berbasis smart relay zelio logic untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran instalasi motor listrik yang praktis ditinjau dari respon peserta didik dan respon guru, (3) menghasilkan modul pembelajaran programmable logic controller berbasis smart relay zelio logic untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran instalasi motor listrik yang efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik.
Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik SMK Negeri 1 Pungging kelas XI TIPTL 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TIPTL 2 sebagai kelas eksperimen. Data validitas, respon peserta didik dan guru menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas modul pembelajaran programmable logic controller berbasis smart relay zelio logic untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran instalasi motor listrik 87,00 dalam kategori sangat valid artiya modul pembelajaran sangat layak digunakan pada kegiatan pembelajaran, (2) respon peserta didik terhadap modul pembelajaran programmable logic controller berbasis smart relay zelio logic untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran instalasi motor listrik 89,00 dalam kategori sangat praktis dan respon guru 90,00 dalam kategori sangat praktik. Sehingga, modul pembelajaran dinyatakan dalam kategori sangat praktis digunakan oleh peserta didik pada proses pembelajaran. (3) keefektivan modul pembelajaran diperoleh dari hasil belajar peserta didik dimana terdapat peningkatan dari 49,87 menjadi 85,73. Hasil uji-t didapatkan hasil signifikansi 0,000 dengan taraf signifikansi α=0,05. Dengan demikian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar yang signifikan. Karena perangkat pembelajaran sangat valid, sangat praktis dan sangat efektiv maka dapat disimpulkan sangat layak digunakan.
Kata Kunci: Modul pembelajaran, smart relay, kelayakan
This study aims to: (1) produce a programmable logic controller learning module based smart relay zelio logic to train critical thinking skills on valid electric motor installation subjects reviewed of expert validation results, (2) produce a programmable logic controller learning module based smart relay zelio logic to train critical thinking skills on valid electric motor installation subjects reviewed of student responses and teacher responses, (3) produce a programmable logic controller learning module based smart relay zelio logic to train critical thinking skills on valid electric motor installation subjects reviewed of student learning outcomes.
The research uses the Research and Development (R&D) method with non-equivalent control group design. The research subjects were students of SMK Negeri 1 Pungging class XI TIPTL 1 as the control class and class XI TIPTL 2 as the experimental class. Data of validity, response of students and teachers using quantitative analysis.
The results showed that: (1) the validity of programmable logic controller learning modules based on smart relay zelio logic to train critical thinking skills in electric motor installation subjects 87.00 is a very valid category, the meaning learning module is very suitable to be used in learning activities, (2) the response students of programmable logic controller learning modules based on smart relay zelio logic to train critical thinking skills in electric motor installation subjects 89.00 is very practical categories and teacher responses 90.00 is very practical categories. So that the learning module is expressed in a very practical category used by students in the learning process. (3) the effectiveness of the learning module is obtained from the learning outcomes of students where there is an increase in the results from 49.87 to 85.73. The results of the t-test from the posttest of the experimental classes obtained a significance value of 0,000 with a significance level of α=0.05. Thus there is a significant increase and difference in learning outcomes. Because learning devices are very valid, very practical and very effective, it can be concluded that they are very feasible to use.
Keyword: learning module, smart relay, appropriateness