PENGEMBANGAN PAPAN LIPAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR ANAK TK A
FOLDING BOARD DEVELOPMENT TO ENHANCE LOCOMOTOR MOTION ABILITY OF KINDERGARTEN CHILD
PENGEMBANGAN PAPAN LIPAT UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR ANAK TK A
Hasil analisis dan observasi anak TK A menunjukkan bahwa setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam perkembangan gerak lokomotor baik itu melompat, meloncat, dan berjalan. Rata rata kemampuan gerak lokomotor anak TK A baik itu melompat, meloncat, dan berjalan masih perlu ditingkatkan dengan adanya papan lipat.
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu, untuk mendeskripsikan desain papan lipat pada perkembangan gerak lokomotor. Selanjutnya, untuk mengetahui kelayakan papan lipat pada kegiatan pengembangan gerak lokomotor, dan yang terakhir untuk mengetahui keefektifan papan lipat pada kegiatan pengembangan gerak lokomotor pada anak.
Metode yang digunakan dalam peneilitian ini adalah Research and Development dengan model pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi di lapangan dan wawancara.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan tingkat keefektifan media pembelajaran papan lipat dari data yang diperoleh dari hasil uji coba kemampuan anak dilapangan. Data yang ada diperoleh dengan menggunakan lembar observasi pretest dan posttest yang melibatkan 20 anak TK A di Idhata Surabaya. Dari hasil pretest diperoleh presentase nilai rata-rata anak sebesar 31,66%. Sedangkan dari hasil posttest diperoleh nilai rata-rata anak dengan presentase sebesar 93,33%. Berdasarkan hasil presentase posttest tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran papan lipat dapat dikatakan “sangat baik” dari tingkat keefektifannya dan memiliki keterangan “berhasil” sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran mengembangkan gerak lokomotor anak TK A.
Kata kunci : Gerak Lokomotor, Papan Lipat
FOLDING BOARD DEVELOPMENT TO ENHANCE
LOCOMOTOR MOTION ABILITY OF KINDERGARTEN CHILD
The results of the analysis and observation of kindergarten children show that each child has different abilities in the development of locomotor movements are leaping, jump and walking. The average locomotor ability of kindergarten children, whether it is leaping, jump and walking, still needs to be improved with the folding board.
This study has several objectives, namely, to describe the design of folding boards in the development of locomotor motion. Furthermore, to find out the feasibility of folding boards in locomotor motion development activities, and finally to find out the effectiveness of folding boards in locomotor motion development activities on child.
The method used in this research is Research and Development with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) approach model. The data obtained came from the results of observations in the field and interviews.
The results of this study analysis show the level of effectiveness of folding board learning media from the data obtained from the results of trials of children's abilities in the field. The existing data was obtained using pretest and posttest observation sheets involving 20 kindergarten A children in Idhata Surabaya. From the results of the pretest, the percentage of children's average values was obtained at 31.66%. Meanwhile, from the posttest results, the average score of children was obtained with a percentage of 93.33%. Based on the results of the posttest percentage, it shows that the folding board learning media can be said to be "very good" from the level of effectiveness and has a description of "successful" so that it can be used in learning to develop locomotor motion of kindergarten A children.
Keywords : Locomotor Motion, Folding Board