Dengan menguasai kemampuan berpidato, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan personal dan profesional mereka. Mind map sebagai teknik untuk membuat kerangka berfikir dalam berpidato dipecaya mampu untuk mempermudah mahasiswa dalam berpidato. Studi kualitatif ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan mind map sebagai kerangka berpikir, kualitas berpidato mahasiswa yang dihasilkan oleh penggunaan mind map sebagai kerangka berpikir, dan bagaimana mind map sebagai kerangka berpikir membantu mahasiswa dalam berpidato. Data studi ini didapat melalui kegiatan pengamatan dan interview terhadap sembilan belas mahasiswa kelas berpidato jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Adi Buana. Hasil studi ini menunjukkan bahwa penggunaan mind map sebagai kerangka berpikir dimulai dari dosen pengampu yang menjelaskan beberapa teori dalam berpidato dan informasi detail dari mind map sebagai kerangka berpikir. Kemudian, dilanjutkan dengan mahasiswa yang mulai membuat dan menggunakan kerangka berpikir untuk mempermudah mereka dalam berpidato. Dan yang terakhir, penampilan pidato mahasiswa akan dinilai dan diberi komentar oleh dosen pengampu. Selain itu, kualitas berpidato mahasiswa yang dihasilkan karena penggunaan mind map sebagai kerangka berpikir adalah sangat bagus, mengingat kebanyakan mahasiswa mendapatkan tingkatan terbaik sebagai hasil asesmen mereka. Sebagai tambahan, mind map sebagai kerangka berpikir sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengorganisasi pidato mereka.
By mastering public speaking, the college students can develop their personal and professional skills. Moreover, mind map as the technique of preparation outline creation is believed to help the students to perform public speaking easier. This descriptive qualitative study was to investigate the use of mind map as the preparation outline, the quality of students’ speech performances resulted by it and the way it helps students in public speaking. Furthermore, the data were obtained through observation and interview toward nineteen students of Public Speaking Class of English Education Department of Adi Buana University as the subjects. The results show that the implementation of mind map as the preparation outline started by the lecturer who explained some theories of public speaking and detail information of mind map as the preparation outline. Then, the students started to create and use the outline to perform public speaking. Furthermore, the quality of students’ public speaking performances is very good since most of them could get exceeds expectation grade in presenting the speeches. Additionally, the use of mind map as the preparation outline is mostly beneficial to help students to organize the speech.