PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
BERBANTU MEDIA PODCAST TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR
KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS
XI 7 SMAN 22 SURABAYA
THE INFLUENCE OF GROUP INVESTIGATION LEARNING MODEL
ASSISTED BY PODCAST MEDIA ON STUDENTS' CRITICAL THINKING
ABILITY IN HISTORY SUBJECT FOR CLASS XI 7 AT SMAN 22
SURABAYA
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP
INVESTIGATION BERBANTU MEDIA PODCAST TERHADAP
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA
MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI 7 SMAN 22
Nama : Anugrah Fatkhurrohim
NIM : 20040284050
Program Studi : S1 Pendidikan Sejarah
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosisal dan Politik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D.
Pembelajaran sejarah sering dipandang sebagai salah satu bidang studi yang
kurang menarik serta monoton disebabkan oleh pembelajaran sejarah di sekolah
masih berkutat pada pendekatan kronologis dan cenderung menuntut menghafal
suatu peristiwa. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan
yang penting dimiliki peserta didik dalam menghadapi tantangan di masa depan.
Model pembelajaran investigasi kelompok yang dibantu dengan media podcast
merupakan sebuah model pembelajaran yang di nilai efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini membahas pengaruh model
Investigasi Kelompok yang dibantu dengan media podcast terhadap keterampilan
berpikir kritis siswa di kelas XI 7 SMA Negeri 22 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode desain pre-eksperimental pretest-posttest. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji regresi linier sederhana dengan Uji Sampel Berpasangan
(Paired Sample T Test). Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana, diperoleh
nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa model Investigasi
Kelompok melalui Podcast efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai R Square (koefisien
determinasi) adalah 0,694, yang mengindikasikan bahwa sekitar 69,4% variabilitas
hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh model Investigasi Kelompok yang
dibantu media Podcast.
ABSTRACT
THE EFFECT OF GROUP INVESTIGATION LEARNING MODEL
SKILLS IN HISTORY SUBJECT OF CLASS XI 7 SMAN 22 SURABAYA
Name : Anugrah Fatkhurrohim
Student ID : 20040284050
Study Program : Bachelor of History Education
Faculty : Faculty of Social and Political Sciences
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D.
Historical learning is often viewed as an uninteresting and monotonous
field of study due to its chronological approach in schools and tendency to demand
memorization of events. Critical thinking is one of the essential skills students must
possess to face future challenges. The group investigation learning model assisted
by podcast media is considered an effective learning model for enhancing students'
critical thinking abilities. This research discusses the influence of the Group
Investigation model assisted by podcast media on the critical thinking skills of
students in class XI 7 at SMA Negeri 22 Surabaya.
This research is a quantitative study using a pre-experimental pretest-
posttest design method. The data analysis technique used is simple linear
regression analysis with Paired Sample T Test. Based on the simple linear
regression test results, a significance value of 0.000 < 0.05 was obtained,
indicating that the Group Investigation model through Podcast is effective in
improving students' critical thinking skills. Consequently, H0 is rejected and Ha is
accepted. The R Square value (coefficient of determination) is 0.694, which
indicates that approximately 69.4% of student learning outcomes can be influenced
by the Group Investigation model assisted by Podcast media.