Pengembangan Modul Pembelajaran PLC Menggunakan Software Lectora Inspire di SMK Manbaul Ulum Gresik
Development of PLC Learning Modules Using Lectora Inspire Software at Manbaul Ulum Gresik Vocational School
Satuan pendidikan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dituntut untuk dapat berkembang dengan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajarannya, oleh karena itu penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan modul pembelajaran PLC menggunakan perangkat lunak Lectora Inspire yang layak dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Modul pembelajaran diperuntukkan sebagai media pendamping dalam memahami materi PLC pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektronik. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE. Hasil validitas yang diperoleh dari validasi oleh tiga validator ahli sebesar 74,99% pada aspek bahasa dengan kategori valid, 74,99% pada aspek isi dengan kategori valid, dan 72,91% pada aspek bentuk dengan kategori valid. Dari hasil validasi tersebut diperoleh tingkat validitas keseluruhan sebesar 74,29% dengan kategori valid serta layak untuk digunakan. Sedangkan untuk hasil tingkat kepraktisan yang diperoleh dari angket respons peserta didik yang berjumlah 25 orang sebesar 88,64% dan dikategorikan sangat praktis. Pada tingkat keefektifan diperoleh dari hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif yang diukur dengan evaluasi post-test menggunakan acuan standar kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Untuk hasil yang diperoleh menggunakan uji statistik one-sample t-test mendapatkan nilai T hitung sebesar 8,89 dengan df 24 dan signifikansi 0,000. Nilai T tabel sebesar 2,064, maka T hitung (8,89) lebih besar dari T tabel (2,064) dengan taraf kesalahan sebesar 0,05 (5%). Simpulan yang didapatkan yaitu nilai rerata hasil belajar peserta didik di atas nilai KKM dan modul pembelajaran layak untuk digunakan.
Educational units facing the industrial revolution 4.0 are required to be able to develop by utilizing technology in the learning process, therefore this research aims to develop a PLC learning module using Lectora Inspire software that is feasible from the aspects of validity, practicality and effectiveness. The learning module is intended as a companion medium in understanding PLC material in the Electronic Control Systems subject. The research method used is R&D with the ADDIE model. The validity results obtained from validation by three expert validators were 74.99% in the language aspect in the valid category, 74.99% in the content aspect in the valid category, and 72.91% in the form aspect in the valid category. From the validation results, an overall validity level of 74.29% was obtained with the category valid and suitable for use. However the results of the level of practicality obtained from the response questionnaire of 25 students were 88.64% and were categorized as very practical. The level of effectiveness is obtained from students' learning outcomes in the cognitive domain as measured by post-test evaluation using a standard reference of minimum completeness criteria, namely 75. For the results obtained using the one-sample t-test statistics, the T value is 8.89 with df. 24 and significance 0.000. The T table value is 2.064, so T count (8.89) is greater than T table (2.064) with an error level of 0.05 (5%). The conclusion obtained is the average value of student learning outcomes is above the KKM value and the learning module is suitable for use.