DEVELOPMENT OF LEARNING EQUIPMENT USING THE GEOGEBRA-ASSISTED WITH SCIENTIFIC APPROACH FOR COMMON TANGENT OF TO TWO CIRCLES ON 8TH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantuan GeoGebra pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran untuk kelas VIII SMP yang memenuhi krtieria valid, praktis dan efektif. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan pengembangan model Plomp (2010) mencakup tahap penelitian awal (preliminary research) yang dilakukan dengan analisis kebutuhan peserta didik dan analisis materi, tahap selanjutnya adalah pembuatan prototipe (prototyping) yaitu dilakukan dengan menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan hasil analisis pada tahap sebelumnya sedangkan tahap terakhir adalah penilaian (assessment) yang dilakukan dengan ujicoba hasil pengembangan perangkat pembelajaran. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD). Berdasarkan hasil validasi maka perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan dengan VRsilabus ssebesar 3,23 maka Silabus dikatakan valid, VRrpp sebesar 3,43 maka RPP dikatakan sangat valid dan VRlkpd sebesar 3,22 maka LKPD dikatakan valid. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan pembelajaran, maka perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan pada pertemuan satu menghasilkan skor sebesar 3,78 dan pada pertemuan dua sebesar 3,92 yang termasuk pada kategori sangat baik. Kriteria keefektifan terpenuhi berdasarkan hasil respon peserta didik yang termasuk pada kategori positif yaitu sebesar 85,2% dan berdasarkan hasil tes peserta didik dengan perolehan persentase ketuntasan belajar klasikal pada kategori tinggi yaitu sebesar 81,25%. Diperoleh kesimpulan dari hasil analisis data tersebut, bahwa perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantuan GeoGebra pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran untuk kelas VIII SMP memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
The aims of this research is to describe the process and outcomes of the development of learning equipment using the GeoGebra-assisted with scientific approach for common tangent of to two circles on 8th grade junior high school which is valid, practical, and effective. The process of developing learning equipment in this research use the Plomp model (2010) consisting of preliminary research phase by analyzing students’ needs and material analyzing, the second phase is prototyping that arranging learning equipment based of the result from the previous anlysis and the last phase is assessment by testing the result of the development of learning equipment. The learning equipment developed are Syllabus, Lesson Plan and Student Worksheet. Based on the results of the validation, the learning equipment meets the validity criteria with VRsyllabus is 3,23 then the Syllabus is valid, VRrpp is 3,43 then the Lesson Plan is very valid and VRlkpd is 3,22 then Student Worksheet is valid. The learning equipment meets the practicality criteria based on observations implementation with average score on the first day is 3,78 and the second day is 3,92 which is included in the excellent category. The effectiveness criteria are meets based on the results of the students' responses in the positive category is 85,2% and the results of the student learning test with the percentage of students completing classical learning in the high category is 81,25%. Based on the results of the analysis of these data, the result of this research is that the learning equipment using the GeoGebra-assisted scientific approach for common tangent of to two circles on 8th grade junior high school fullfilled the criteria of valid, practical and effective.