ANALISIS TANDA ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK PERANCANGAN VISUAL IDENTITY
ARTIFICIAL INTELLIGENCE SIGN ANALYSIS FOR VISUAL IDENTITY DESIGN
Sebelum kemajuan teknologi, keterampilan menggambar dan memanipulasi visual secara manual adalah kunci utama bagi desainer. Hadirnya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang diprakarsai oleh Alan Turing pada tahun 1950, teknologi kecerdasan buatan ini membawa dampak besar. Salah satunya dengan memberikan peluang pada Bidang Desain Grafis, desain logo atau visual identity. Penelitian ini mengkaji dampak kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) terhadap perancangan visual identity dengan menggunakan dua platform AI yakni OpenArt AI dan Bing Image Creator atau Copilot Designer. Studi ini menerapkan pendekatan berupa Metode Deskriptif Kualitatif dan teknik analisisnya menggunakan Metode Tinjauan Desain serta Metode Semiotika Pierce pada Tahap Interpretasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, dampak AI terhadap perancangan visual identity sudah memiliki kecakapan dari segi nilai fungsi dan nilai kreativitas meskipun masih ada ketidaksempurnaan dari hasil logo AI tersebut. Sehingga hasil logo AI masih tetap tidak dapat digunakan secara langsung oleh pengguna. Kekurangan ini dapat diminimalisir dengan seringnya melatih model generatif AI dengan dataset (training data) serta menyunting dengan penggunaan perangkat lunak desain seperti Adobe atau Canva.
Before the advancement of technology, the skills of drawing and manually manipulating visuals were the key essentials for designers. The emergence of artificial intelligence (AI) pioneered by Alan Turing in 1950, this technology has had a significant impact. One way is by providing opportunities in the field of Graphic Design, such as logo design or visual identity. This research examines the impact of artificial intelligence (AI) on visual identity design using two AI platforms, namely OpenArt AI and Bing Image Creator or Copilot Designer. This study applies an approach using Qualitative Descriptive Method and its analysis techniques employ Design Review Method and Pierce's Semiotic Method at the Interpretation stage. Based on the results and discussion of the research, the impact of AI on visual identity design has demonstrated proficiency in terms of functional value and creative value, although there are still imperfections in the AI-generated logos. Therefore, the AI-generated logos cannot be directly used by users. These shortcomings can be minimized by frequently training the generative AI models with datasets (training data) and editing using design software such as Adobe or Canva.