Model problem based learning adalah model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran (student centered), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model problem based learning dapat memengaruhi pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 1 Mulung.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi-experimental design tipe nonequivalent sampled group design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah dan variabel bebasnya adalah model problem based learning. Sampel yang dipilih pada penelitian ini menggunakan yaitu siswa kelas IV-A berjumlah 20 siswa dan siswa kelas IV-B berjumlah 20 siswa, dengan menggunakan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pre test dan post test). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah. Teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji n-gain ternormalisasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model problem based learning yang digunakan untuk mengajarkan materi sumber daya alam berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah, hal ini dibuktikan dengan n-gain yang diperoleh dari kedua kelas yakni pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 0,7 dan kelas kontrol sebesar 0,1, sedangkan n-gain keterampilan memecahkan masalah kelas eksperimen sebesar 0,8 dan kelas kontrol sebesar 0,1. Rata-rata post-test untuk pemahaman konsep di kelas eksperimen sebesar 85,25 dan di kelas kontrol sebesar 61,95, sedangkan rata-rata post-test untuk keterampilan memecahkan masalah di kelas eksperimen sebesar 85,75 dan di kelas kontrol sebesar 59,5. Dengan demikian model problem based learning dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran dalam pembelajaran IPS kelas IV SD
The model of problem based learning is a learning model that places students as the center of learning (student centered). This study aims to determine whether the use of problem based learning models can influence conceptual understanding and problem solving skills in social studies learning in grade IV Mulung SDN 1.
This study uses a quantitative method with quasi-experimental design type nonequivalent sampled group design. The dependent variable in this study is the understanding of concepts and problem solving skills and the different variables are problem based learning models. The sample chosen in this study uses namely IV-A class students totaling 20 students and IV-B class students totaling 20 students, using the sample random sampling technique. Data collection techniques using tests (pre test and post test). The research instrument used was a test sheet for understanding concepts and problem solving skills. Instrument analysis technique uses validity test and reliability test. While the data analysis technique uses the normality test, homogeneity test, hypothesis test, and normalized n-gain test.
The results of this study indicate that the problem based learning model used to teach natural resource material has a significant effect on students' conceptual understanding, this is evidenced by the n-gain obtained from both classes namely the understanding of the experimental class concept of 0.7 and the control class of 0.1, while the n-gain problem solving skills of the experimental class is 0.8 and the control class is 0.1. The post-test mean for conceptual understanding in the experimental class was 85.25 and in the control class was 61.95, while the post-test mean for problem solving skills in the experimental class was 85.75 and in the control class was 59, 5. Thus the problem based learning model can be used as an alternative learning model in social studies learning in grade IV elementary school