Dilakukannya penelitian ini yakni bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis flash agar siswa mampu belajar secara mandiri mengenai materi Animasi 2D. Penelitian ini berumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apakah Media E-Content Video Infografis valid digunakan sebagai media ajar mata pelajaran Animasi 2D? (2) Bagaimana Respon Siswa terhadap media pembelajaran E-Content Video Infografis pada mata pelajaran Animasi 2D? . Metode penelitian yang digunakan adalah Metode 4D. E-Content ini berisi video materi Infografis Animasi 2D. Penelitian ini menyasar siswa kelas XI Teknik Animasi di SMK Negeri 2 Surabaya yang mendapatkan mata pelajaran Animasi 2D. Hasil yang didapatkan setelah penelitian yakni: (1) Persentase Respon Siswa setelah menggunakan E-Content Video Infografis Animasi 2D adalah 80,346%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan E-Content Video Infografis Animasi 2D di SMK Negeri 2 Surabaya termasuk dalam kategori ‘Baik’ dan valid untuk digunakan.
This research was conducted to develop flash-based learning media, so the students are able to learn independently about 2D Animation. The formulation of the research problem is: (1) Is E-Content 2D Animation Infographic Video valid as a media for teaching 2D Animation? (2) What are the results of Student Response on the use E-Content of 2D Animation Infographic Video? . The research method used is 4D. The developed content contains 2d animated infographic videos. The research objective in this research is the students of class XI Animation Engineering at SMK Negeri 2 Surabaya who get 2D Animation subject. The results showed that: (1) The percentage of student responses after using the 2D Animation Video Infographic E-Content was 80.386%. From these results, it can be concluded that E-Content Development of Infographic Video in 2D Animation Subjects at SMK Negeri 2 Surabaya is included in the 'Good' category and is valid for use.