Penelitian ini dilatar-belakangi bahwa keberadaan sastra lisan memiliki kedudukan yang penting di suatu daerah. Salah satu daerah yang sampai saat ini masih melestarikan keberadaan dari sastra lisan adalah Desa Bektiharjo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Sastra lisan yang dilestarikan oleh warga Bektiharjo hingga saat ini adalah mitos pemandian Bektiharjo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miteme, episode, oposisi, dan nilai yang ada pada mitos pemandian Bektiharjo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban menggunakan teori Strukturalisme Naratif Levi-Strauss. Sumber data penelitian ini diperoleh dari informan. Data penelitian ini adalah miteme, episode, oposisi, dan nilai dalam mitos pemandian Bektiharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi pengamatan atau pencatatan, wawancara, dan perekaman. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi dan content analisys.
Hasil penelitian terhadap Mitos Pemandian Bektiharjo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban menggunakan teori Strukturalisme Naratif Levi-Strauss terdiri atas tiga mite, yaitu 1 dilarang berbicara tidak sopan, 2 pendatang jika melihat ikan lele yang hanya terlihat kepala dan durinya akan terkena musibah, dan 3 dilarang mengambil benda yang bukan miliknya.
Mite satu terdiri atas empat episode yang setiap episodenya diperoleh dari miteme yang ada di dalam ceriteme. Oposisi episode pertama antara DA dan SK yang sama-sama beragama Islam. DA berniat menjajah namun SK tidak berniat menjajah. Kedua, DA mengajak bertarung SK menolak. Ketiga, SK ingin mengakhiri pertarungan DA tidak ingin mengakhiri. Keempat, PL memperingatkan PP menentang. Nilai yang terkandung, yaitu 1 menjaga tali persaudaraan sesama pemeluk agama Islam, 2 nilai sosial, 3 menjaga sopan santun.
Mite dua terdiri atas tiga episode yang setiap episodenya diperoleh dari miteme yang ada di dalam ceriteme. Oposisi episode pertama tanah kering menjadi basah. Kedua, keberadaan ikan ada dan tiada. Ketiga, pendatang meninggal sedangkan warga Bektiharjo tidak meninggal. Nilai yang terkandung, yaitu Hendaknya kita selalu berdoa kepada Yang MahaEsa ketika memasuki daerah yang mistis.
Mite tiga terdiri atas dua episode yang setiap episodenya diperoleh dari miteme yang ada di dalam ceriteme. Oposisi episode pertama KD dan W berniat baik menolong sedangkan DA berniat buruk dan minta pertolongan. Kedua,pertentangan antara T dan PS. T tidak mengambil benda tidak terkena musibah. PS mengambil terkena musibah. Nilai yang terkandung, yaitu tolong menolong dan nilai moral kejujuran.
The background of this research is the existence of oral literature which has a very important position in an area. Bektiharjo Village, Semanding Sub-District, Tuban Regency is one of areas which still preserve the existence of oral literature.. The oral literature preserved by the Bektiharjo people up to now is the myth of the Bektiharjo bath.
This study aims to describe the myth, episode, opposition, and values in the Myth of Bektiharjo Bathing in Semanding Sub-District, Tuban Regency using the theory of Levi-Strauss Narrative Structuralism. The data source of this research was obtained from informants. While the data of this study are myth, episode, opposition, and values in the myth of Bektiharjo bath. This study uses a qualitative approach. The data collection techniques used observation or field notes, interviewing, and recording. The data analysis technique uses descriptive analysis and content analysis.
The results of the study of the Myth of Bektiharjo Bathing in Semanding Sub-District, Tuban Regency used Levi-Strauss Narrative Structuralism theory consisting of three mites: 1 prohibited to speak disrespectfully, 2 immigrant if they saw catfish that only has head and thorns will get calamity, and prohibited to take others’ own stuffs.
Mite one consists of four episodes, which each episode is derived from the myth in the ceriteme. The first episode opposition is between DA and SK which are both Muslim. DA intends to colonize but SK does not intend to colonize. Second, DA invites SK to refuse. Third, the SK wants to end the fight but DA does not want to end. Fourth, PL warns while PP against it. The values contained: 1 maintain the brotherhood of Muslim fellows, 2 social values, 3 maintain manners.
Mite two consists of three episodes, which each episode is derived from the myth in the ceriteme. The first episode opposition is that dry soil gets wet. Second, the existence and inexistent of fish. Third, immigrants died while the Bektiharjo people did not die. The value contained is that we should always pray to the One when entering a mystical area.
Mite three consists of two episodes, which each episode is derived from a myth in the ceriteme. The opposition to the first episode is that KD and W intends to help while DA has bad intentions and asks for help. Second, there is a conflict between T and PS. T who does not take objects is not affected. On the other hand, PS got calamity. The values contained is that mutual help and moral values honesty.