ABSTRAK
Marjuki.
2019. NIM 117966009, Model Pembelajaran OCCIE (Orientate, Construct, Communicate, Improve,
Evaluate) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Tanggung Jawab
Siswa SMA Pada Pembelajaran Kimia . Disertasi,
Program Studi S3 Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Prof. Dr. Tukiran,
M.Si. dan Ko-Promotor: Prof. Dr. H. Muslimin Ibrahim,
M.Pd.
Kata-kata
kunci : keterampilan
proses sains, kimia, model
OCCIE, siswa SMA, tanggung jawab.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Model Pembelajaran OCCIE yang
valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan
keterampilan proses sains dan tanggung jawab siswa SMA pada pembelajaran kimia.
Pengembangan Model Pembelajaran OCCIE menggunakan
Model McKenney . S ubje k pe ne l it i a n
a da la h Model
Pembelajaran OCCIE . S ubje k u j i c ob a
te rba t a s a da l a h 36 siswa kelas XI MIA 1 SMAN 18 Surabaya . S ubje k
uj i
c oba s kal a l ua s
a da l a h 72 siswa kelas XI MIA
2 dan XI MIA 3 SMAN 18 Surabaya . Desain uji menggunakan one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data
menggunakan metode validasi,
pengamatan, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan: 1)
Model yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid ditinjau dari: (a) Validitas isi: Model
Pembelajaran OCCIE memenuhi kebutuhan dan pengetahuan mutakhir dan validitas
konstruk; Model Pembelajaran OCCIE memiliki konsistensi antara komponen model d engan kriteria valid , (b) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan dapat
digunakan untuk mendukung implementasi Model Pembelajaran OCCIE; 2) Model yang
dikembangkan termasuk dalam kategori praktis ditinjau dari keterlaksanaan Model
Pembelajaran OCCIE dengan kriteria baik pada uji coba terbatas dan uji coba luas;
dan 3) Model yang dikembangkan termasuk dalam kategori efektif ditinjau dari:
(a) Peningkatan keterampilan proses
sains: N-gain keterampilan
proses sains siswa SMA dalam kriteria tinggi, (b) Peningkatan tanggung jawab: N-gain tanggung jawab siswa SMA dalam
kriteria tinggi, dan (c) Siswa SMA memberikan
respons positif terhadap pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran OCCIE dan
perangkatnya pada uji coba terbatas dan uji coba luas. Berdasarkan hasil-hasil
di atas, disimpulkan bahwa Model Pembelajaran OCCIE yang dikembangkan valid,
praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan tanggung jawab siswa SMA pada pembelajaran
kimia.