Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Quizizz Pada Materi Usaha dan Energi
The Use of Quizizz Application in Higher Order Thinking Skills (HOTS) Assessment on Work and Energy Material
Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen untuk menilai kemampuan
berpikir tingkat tinggi yang layak, serta mendeskripsikan profil kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini menggunakan model Research &
Development (R&D) dari Borg dan Gall dengan desain pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen
tes yang dikembangkan divalidasi oleh dosen ahli instrumen, Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan metode validasi yang
dilakukan oleh tiga dosen dari jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya dan
metode tes menggunakan Quizizz yang dilakukan terhadap 29 siswa kelas X
MIPA-2 SMA At-Ta’miriyyah Surabaya. Data yang telah terkumpul dianalisis
dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Persentase validitas teoritis ratarata
pada ranah konstruksi, bahasa, dan media sebesar 97,03% atau berada pada
kategori sangat layak. Hasil ujicoba produk pada 29 siswa dianalisis daya
pembeda, reliabilitas, dan validitas itemnya. Dari analisis tersebut diperoleh
validitas empiris sebanyak 10 soal dinyatakan layak secara empiris. Instrumen
tes yang telah layak kemudian digunakan untuk mendeskripsikan profil
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. 44.83% siswa dengan kategori sangat
tinggi, 13.79% dengan kategori baik, 0% dengan kategori cukup, dan 41.38%
dengan kategori kurang. Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kompetensi
menganalisis (C4) lebih rendah yaitu 67.49% dibandingkan pada kompetensi
mengevaluasi (C5) sebesar 80.46%.
The aim of this research was to produce a web based instrument test to assess
higher order thinking skills that are feasible and to describe the profile of
students higher order thinking skills. This research using Research and
Development (R&D) model from Borg and Gall with ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation ). Data collection techniques in
this study are the validation method that done by three lecturers from the
physic department of State University of Surabaya and test method that done by
29 students of class X MIPA-2 SMA At-Ta’miriyyah using Quizizz. The data
that has been collected were analyzed using quantitative decriptive analysis
method. The percentage of average theoritical validity in the realms of
construction, language, and media is is 97.03% or in the very feasible
category. The result of product trials on 29 students analyzed the level of
distinguishing power, reliability, and item validity. From the analysis obtained
empirical validity as many as 10 questions declared empirically feasible. The
appropriate test instrument is then used to describe the profile of students
higher order thinking skills abilities. A viable test instrument is then used to
describe the student's high-level thinking ability profile. 44.83% of students in
very high categories, 13.79% with good categories, 0% with sufficient
categories, and 41.38% with less categories. The ability to think high level in
the competency of analyzing (C4) is lower at 67.49% compared to the
evaluating competency (C5) of 80.46%.