PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM OP-AMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENUNJANG HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MANBAUL ULUM KEBOMAS GRESIK
DEVELOPMENT OF AN OP-AMP PRACTICUM MODULE BASED ON PROBLEM BASED LEARNING IN SUPPORTING STUDENT LEARNING OUTCOMES AT MANBAUL ULUM VOCATIONAL SCHOOL KEBOMAS GRESIK
Dalama penelitia ini, mempuyai latar belakang kegiatan praktikum pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektronik di SMK Manbaul Ulum Kebomas Gresik, dimana kegiatan praktikum pada siswa tidak adanya buku panduan atau modul sebagai petunjuk kegiatan praktikum. Sehingga hasil belajar siswa tidak semuanya mencapai batas nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dengan permasalah tersebut maka penelitian ini dikembangkan sebuah Modul Praktikum Op-Amp dalam mata pelajaran Sistem Pengendali Elektronik , dan tujuan penelitian ini untuk menghasilkan sebuah produk yang berupa Modul Praktikum Op-Amp yang layak digunakan pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektonik.
Kelayakan Modul Praktikum Op-Amp dalam penelitian ini ditinjau dari aspek Validitas dan Keefektifan. Penelitian ini menggunakan model penelitian R&D dengan tahapan penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evalution). Dan untuk desain penelitian menggunakan One-Shot Case Study, dalam tahap pelaksanaanya penelitian ini diterapkan kepada 25 Peserta Didik pada kelas 11 Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Manbaul Ulum Kebomas Gresik. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Validasi Modul untuk aspek kelayakan dan soal ujian hasil belajar siswa untuk aspek Keefektifan.
Hasil penelitian pengembangan modul ini didapatkan kesimpulan Layak digunakan dengan terbuktinya hasil Validasi Media dengan total penialain ranting sebesar 75,76% (Valid) dimana skor ranting yang didapat diatas batas nilai minimum kevalidan yaitu 63%. Dan untuk hasil Keefektifan modul ditinjau dari hasil rata rata nilai siswa didapatkan nilai 82,28 dengan nilai batas KKM adalah 75. Dari hasil perhitungan menggunkan Anlisis SPSS didapatkan hasil nilai thitung sebesar 8,227 dengan df adalah 24 dan memperoleh signifikansi 0,000. Dan dapat diartikan bahwa nilai hasil belajar siswa secara signifikansi lebih besar dari batas nilai KKM. Dengan demikian dari hasil Validasi dan Keefektifan dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Modul Praktikum Op-Amp layak untuk digunakan pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektronik.
Kata Kunci : Modul, Praktikum, Op-Amp, ADDIE, Validasi, Kefeektifan, R&D
In this research, there is a background to practicum activities in the Electronic Control Systems subject at Manbaul Ulum Vocational School, Kebomas Gresik, where practicum activities for students do not have guidebooks or modules as instructions for practicum activities. So that not all student learning outcomes reach the KKM score (Minimum Completeness Criteria). With these problems, this research developed an Op-Amp Practical Module in the Electronic Control Systems subject, and the aim of this research is to produce a product in the form of an Op-Amp Practical Module that is suitable for use in the Electronic Control Systems subject.
The feasibility of the Op-Amp Practicum Module in this research is reviewed from the aspects of Validity and Effectiveness. This research uses the R&D research model with the ADDIE research stages (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). And for the research design using One-Shot Case Study, in the implementation stage this research was applied to 25 students in class 11 of the Industrial Electronics Engineering Department at Manbaul Ulum Vocational School, Kebomas Gresik. The instruments used in this research are the Module Validation Sheet for the feasibility aspect and student learning outcomes exam questions for the Effectiveness aspect.
The results of research on the development of this module concluded that it was suitable for use with proven Media Validation results with a total branch assessment of 75.76% (Valid) where the branch score obtained was above the minimum validity limit, namely 63%. And for the results of the effectiveness of the module, in terms of the results of the average student score, the value was 82.28 with the KKM limit value being 75. From the results of calculations using SPSS analysis, the t-count value was 8.227 with a df of 24 and obtained a significance of 0.000. And it can be interpreted that the value of student learning outcomes is significantly greater than the KKM value limit. Thus, from the Validation and Effectiveness results, it can be concluded that the Op-Amp Practical Module Development is suitable for use in Electronic Control Systems subjects.
Keywords: Module, Practicum, Op-Amp, ADDIE, Validation, Effectiveness, R&D