LITERATURE STUDY OF APPLICATION AUDITORY VERBAL THERAPY (AVT) TOWARDS DEAF CHILDREN'S LANGUAGE DEVELOPMENT
AVT telah dikembangkan dan diterapkan kepada anak tunarungu yang telah melakukan pemasangan teknologi pendengaran serta menjadikan keluarga atau orang tua sebagai pusat dari program. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan AVT terhadap perkembangan bahasa anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, yang dilakukan dengan menganalisa, mengevaluasi, dan memadukan penelitian, teori, serta praktik dari penelitian yang sesuai dengan topik pembahasan. AVT yang dilakukan sejak dini disertai partisipasi orang tua yang aktif menunjukkan hasil berupa peningkatan yang signifikan pada perkembangan bahasa, memperbaiki kualitas suara, bicara, dan kemampuan berbahasa anak tunarungu.
Kata Kunci : Anak tunarungu, perkembangan bahasa, Auditory Verbal Therapy (AVT).
AVT has been developed and applied to deaf children who have installed hearing technology and made the family or parent as center of the program. This study aims to determine the application of AVT to the language development of deaf children. This research uses the method of literature study, which is carried out by analyzing, evaluating, and integrating research, theory, and practice from research in accordance with the topic of discussion. AVT which conducted early with accompanied by the active participation of parents showed results in the form of significant improvements in language development, improved sound quality, speech, and language skills of deaf children.
Keyword: Deaf children, language development, Auditory Verbal Therapy (AVT).