PROFIL MISKONSEPSI MATERI SUBSTANSI GENETIKA PADA SISWA KELAS XII DENGAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST
PROFILE OF MISCONCEPTION ON GENETIC SUBSTANCE TOPIC ON STUDENT GRADE XII WITH FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST
Abstrak
Salah satu hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran adalah miskonsepsi, pemahaman konsep yang tidak tepat. Miskonsepsi yang dialami setiap siswa dalam satu kelas bisa berbeda satu dengan yang lain dan disebabkan oleh berbagai penyebab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi yang dialami siswa dan penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Tahapan penelitian dimulai dari pembuatan instrumen tes diagnostik (Four-Tier diagnostic test) yang kemudian divalidasi oleh dosen ahli materi dan pendidikan. Selanjutnya uji coba instrumen pada siswa kelas XII untuk mengumpulkan data. Data dianalisis secara dekriptif. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa MAN 2 Gresik dengan total 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan profil miskonsepsi siswa pada materi Substansi Genetika terdiri dari konsep struktur kromosom, jenis-jenis kromosom, komponen penyusun DNA, struktur dan fungsi DNA, bentuk kromosom, jenis DNA, komponen basa nitrogen, sintesis protein, dan replikasi DNA dengan persentase paham konsep sebesar 6,1%, 39,9% paham sebagian konsep, 41,8% siswa mengalami miskonsepsi, dan 12,2% tidak paham konsep. Faktor penyebab miskonsepsi terdiri dari siswa, buku ajar, media pembelajaran, dan cara mengajar. Kajian lebih lanjut tentang pengembangan dan penerapan media pembelajaran berbasis digital pada materi substansi genetika perlu dilakukan dalam waktu dekat untuk mengurangi tingkat miskonsepsi siswa.
Kata Kunci: Substansi Genetika, Miskonsepsi, Four-Tier diagnostic test
Abstract
One of the obstacles that occur in the learning process is a misconception, inappropriate understanding of concepts. The misconceptions experienced by each student in one class can be different from one another and are caused by various causes. This study aims to describe the profile of misconceptions experienced by students and the causes of misconceptions in students. This research is descriptive quantitative. The research stage began with the making of a diagnostic test instrument (Four-Tier diagnostic test) which was then validated by a material and education expert. Then, the instrument was tested on grade XII students to collect the data. The data were analyzed descriptively. The target of this research was students of MAN 2 Gresik with a total of 60 students. The results showed the profile of students' misconceptions on Genetic Substance material consisting of the concepts of RNA, DNA, chromosomes, DNA & chromosome gene relationships, protein synthesis, and DNA replication with the category of understanding the concept amounted to 6.1%, 39.9% understand some concepts, 41.8% students experience misconceptions, and 12.2% do not understand concepts. The factors that cause misconceptions consist of students, textbooks, learning media, and teaching methods. Further studies of the development and implementation of digital-based learning media on genetic substance material, should be done near the future to reduce student misconceptions.
Keywords: genetic substance, misconceptions, four-tier diagnostic test