Perancangan Board game Sigma Hotel sebagai Media Reduksi Stres bagi Generasi Z
Design Of Board Game Sigma Hotel As Stress Reduction Media For Generation Z
Generasi Z merupakan generasi yang mendominasi saat ini. Generasi Z yang telah memasuki usia produkif dalam kesehariannya selalu dipenuhi dengan jadwal kegiatan yang padat, dan pekerjaan dikantor yang menumpuk. Kemajuan teknologi pun sangat dirasakan oleh Generasi Z masa kini, namun hal ini justru berbalik menjadi kendala, saat mereka merasa jenuh karena menatap layar terlalu lama. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu media untuk mereduksi stres Generasi Z, yaitu dengan media board game. Metode yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dan metode perancangan design thinking stanford. Proses perancangan dimulai dari mengumpulkan data dilapangan dengan observasi dan wawancara, didukung dengan pendalaman materi melalui studi literatur. Dilanjutkan dengan analisis data dengan SWOT, pencarian solusi dan ide, perancangan produk hingga validasi dan testing user. Perancangan ini menghasilkan satu paket permainan board game dengan nama Sigma Hotel yang menerapkan salah satu metode art theraphy yaitu menggambar. Setelah dilakukan uji coba terhadap Generasi Z, efektivitas board game Sigma Hotel terhadap stres Generasi Z valid, hal ini dapat dilihat dari persentase feedback yang diisi user melalui gform. Efektivitas produk mendapatkan angka persentase sebesar 90%, visualisasi media mendapatkan angka 90%, dan penyajian media mendapatkan angka sebesar 87,5%. Dengan demikian perancangan board game Sigma Hotel ini layak dan berdampak baik terhadap stres yang dialami Generasi Z.
Generation Z is the current dominant generation. Generation Z who have entered productive age in their daily lives are always filled with busy activity schedules, and piling up office work. Technological advances are also greatly felt by today's Generation Z, but this has actually turned into an obstacle, when they feel bored because they stare at the screen for too long. The purpose of this study is to design a media to reduce Generation Z stress, namely with board game media. The method used in this design uses a qualitative descriptive approach method and the Stanford design thinking design method. The design process begins with collecting data in the field with observation and interviews, supported by in-depth material through literature studies. Continued with data analysis with SWOT, finding solutions and ideas, product design to validation and user testing. This design produces a board game package called Sigma Hotel which applies one of the art therapy methods, namely drawing. After being tested on Generation Z, the effectiveness of the Sigma Hotel board game on Generation Z stress is valid, this can be seen from the percentage of feedback filled in by users via gform. Product effectiveness gets a percentage of 90%, media visualization gets a score of 90%, and media presentation gets a score of 87.5%. Thus, the design of the Sigma Hotel board game is feasible and has a good impact on stress experienced by Generation Z.