ANALISIS FAKTOR – FAKTOR MINAT MASYARAKAT KOTA SURABAYA MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA
ANALYSIS OF FACTORS OF INTERSET OF THE PEOPLE OF SURABAYA CITY TO BECOME CUSTOMERS OF BANK SYARIAH INDONESIA
PT. Bank Syariah Indonesia menawarkan berbagai produk berbasis syariah, dan merupakan upaya pemerintah dalam menguatkan ekonomi syariah di Indonesia, namun minat masyarakat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia masih cukup rendah, sementara itu Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Sehingga adanya penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis faktor – faktor dari minat masyarakat Kota Surabaya menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Confirmatory Factor Analysis (CFA) merupakan metodologi penelitian dengan pendekatan kuantitatif melalui teknik analisis, yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini yakni 100 responden yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner, yang dipilih melalui distribusi kuesioner dengan kriteria yang telah ditentukan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa brand image dan product knowledge merupakan faktor dari minat masyarakat Kota Surabaya menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Selain itu, terdapat dua faktor tambahan yaitu faktor psikologis dan faktor nilai pelanggan yang telah diidentifikasi menjadi faktor dari minat masyarakat Kota Surabaya menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia sebagai hasil analisis. Implikasi hasil penelitian ini bagi PT. Bank Syariah Indonesia yaitu agar dapat meningkatkan strateginya dalam menumbuhkan minat masyarakat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Adapun bagi peneliti selanjutnya yaitu agar dapat menjadi khazanah pengetahuan dan sebagai rujukan untuk penelitian selanjutnya dengan menggunakan variabel maupun metodoe penelitian yang berbeda.
Kata Kunci: Product Knowledge, Brand Image, Psikologis, Nilai Pelanggan
Bank Syariah Indonesia offers various sharia-based products and is the government's effort to strengthen the Sharia economy in Indonesia, but public interest in becoming Bank Syariah Indonesia customers is still quite low, even though Indonesia is a country with the largest Muslim population in the world. As a result, the goal of this research is to analyze the factors of public interest in Surabaya City in becoming customers of Bank Syariah Indonesia. Confirmatory Factor Analysis (CFA) is a research methodology with a quantitative approach through analytical techniques that was used in this study. The sample for this study was 100 respondents obtained through the distribution of questionnaires, which were selected through the distribution of questionnaires with predetermined criteria. The findings of this study indicate that brand image and product knowledge are factors in the Surabaya City community's interest in becoming Bank Syariah Indonesia customers. In addition, there are two additional factors, namely psychological factors and customer value factors, that have been identified as factors in the Surabaya City community's interest in becoming Bank Syariah Indonesia customers as a result of the analysis. The implication of the results of this study for PT Bank Syariah Indonesia is that it can improve its strategy for fostering public interest in becoming Bank Syariah Indonesia customers. as a reference for further research using different variables and research methods.
Keywords: Product Knowledge, Brand Image, Psycological, Customer Value