THE CORRELATION BETWEEN READING FLUENCY AND STUDENTS' READING COMPREHENSION IN JUNIOR HIGH SCHOOL
Pemahaman membaca adalah kemampuan untuk memahami teks. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhinya adalah kelancaran membaca. Pembaca yang dapat mengidentifikasi kata-kata secara akurat dan otomatis dapat membantu memfokuskan sebagian besar perhatian mereka pada pemahaman membaca. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki korelasi antara kelancaran membaca dan pemahaman bacaan siswa. Penelitian ini menggunakan 64 siswa kelas 7 sebagai partisipan. Dua instrumen digunakan; tes kelancaran membaca (CBM) dan tes pemahaman bacaan. Studi ini menunjukkan 41 siswa dikategorikan berisiko tinggi dalam kelancaran membaca. Pada pemahaman bacaan, 27 siswa memperoleh nilai 56 – 70, yang berarti bahwa sebagian besar keterampilan membaca pemahaman siswa tergolong sedang. Kemudian, hasil Pearson Product Moment menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kelancaran membaca dengan pemahaman membaca siswa di tingkat SMP (p-value = 0,102) karena siswa masih berusaha untuk meningkatkan keterampilan membaca mereka. Kemudian, siswa mungkin merasa cemas tentang melakukan kinerja lisan.
Reading comprehension is the ability to comprehend the text. One of the factors that may affect it is reading fluency. Readers who can identify the words accurately and automatically may help to focus most of their attention on reading comprehension. Therefore, this study investigated the correlation between reading fluency and students' reading comprehension. This research used 64 7th-grade students as participants. Two instruments were used; a reading fluency test (CBM) and a reading comprehension test. This study showed 41 students were categorized as high risk in reading fluency. In reading comprehension, 27 students scored 56 – 70, meaning that most students' reading comprehension skills were moderate. Then, the result of Pearson Product Moment showed that there is no relationship between reading fluency and students' reading comprehension at the Junior High School level (p–value = 0.102) since students are still trying to improve their reading skills. Then, students may feel anxiety about doing oral performance.