ABSTRAK
Kontribusi Self-Efficacy Terhadap Pembelajaran Fisika dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Nama : Astrid Garina Dewayani
NIM : 14030184021
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Jurusan : Fisika
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Nadi Suprapto, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh self-efficacy dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik, menganalisis peningkatan hasil belajar pesera didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Sooko Mojokerto dan untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap pembelajaran yang akan dilakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Sooko Mojokerto dengan menggunakan subjek penelitian yang berjumlah 72 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket respon peserta didik, lembar angket self-efficacy, lembar validasi perangkat, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan lembar penilaian peserta didik. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis validitas perangkat pembelajaran, uji korelasi, uji regresi sederhana, n-gain score, analisis angket self-efficacy dan analisis angket respon. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar peserta didik, analisis n-gain yang telah dilakukan diperoleh hasil adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar yang dihitung dengan n-gain pada setiap kelas diperoleh nilai yang masuk dalam kategori sedang, rata-rata nilai self-efficacy siswa kelas XI MIPA 1 masuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata persentase sebesar 53,50%, sedangkan kelas XI MIPA 2 masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 81,36% dan respon peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw masuk dalam kategori baik.
Kata kunci : Self-Efficacy, kooperatif tipe Jigsaw
ABSTRACT Contribution of Student’s Self-Efficacy to Physics Learning Through Cooperative Learning With Jigsaw Type to Enhance Student’s Learning Outcome
Name : Astrid Garina Dewayani
Student ID Number : 14030184021
Study Program : Physics Education
Department : Physics
Faculty : Mathematics and Science
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Nadi Suprapto, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
This study aims to determine the effect of self-efficacy in the cooperative learning Jigsaw type on student learning outcomes, analyze the improvement of student learning outcomes in class XI MIPA at SMAN 1 Sooko Mojokerto and to find out how students respond to learning to be done with learning models cooperative Jigsaw type. The design in this study used one group pretest-posttest design. This research was conducted at SMAN 1 Sooko Mojokerto using research subjects totaling 72 student participants. The instruments used in this study included student response questionnaire sheets, self-efficacy questionnaire sheets, device validation sheets, learning implementation sheets and student assessment sheets. The data obtained were then analyzed using the analysis of the validity of the learning device, correlation test, simple regression test, n-gain score, questionnaire analysis of self-efficacy and questionnaire response analysis. From the research that has been done, the results show that there is a significant relationship between self-efficacy with student learning outcomes, n-gain analysis that has been done obtained results of an increase in student learning outcomes. Increased learning outcomes calculated by n-gain in each class obtained values that are in the medium category, the average value of self-efficacy of students in class XI MIPA 1 included in the fairly good category with an average percentage of 53.50%, while the class XI MIPA 2 is in the very good category with an average percentage of 81.36% and responses of students of class XI MIPA 1 and XI MIPA 2 after the cooperative learning Jigsaw type is applied in the good category.
Keywords: Self-Efficacy, cooperative learning Jigsaw type